English English Indonesian Indonesian
oleh

Iran Menyerang, Netanyahu Sembunyi di Vila

Banyak yang bertanya-tanya di mana posisi PM Israel Benjamin Netanyahu saat serangan Iran meluncur ke Israel. Dilansir dari Times of Israel, puluhan ribu warga Israel menghadiri protes terhadap pemerintah di berbagai lokasi di seluruh negeri pada Sabtu.

Sejumlah demontran berunjuk rasa di dekat rumah mewah dengan keamanan tinggi di Jalan Caspi Yerusalem, milik miliarder AS keturunan Yahudi, Simon Falic. Ia merupakan teman Netanyahu.

Sang perdana menteri dan istrinya dilaporkan berlindung di dalam bunker di kediaman tersebut pada akhir pekan lalu untuk menghindari serangan rudal Iran.

’’Anda adalah kepala [pemerintahan], Anda bertanggung jawab,’’ seru para pengunjuk rasa, yang berdiri di luar pagar rumah besar tersebut.

Mereka juga berkumpul di Kaisarea dan Haifa, di mana para pengunjuk rasa berbaris dengan genderang dan spanduk serta meneriakkan, “Pemerintah Israel menentang bangsa Israel” dan “Pemerintahan tanpa keterampilan, Anda harus mundur sekarang.”

Sejak awal serangan Israel ke Gaza Oktober 2023 lalu, Netanyahu dan istrinya Sara tinggal di vila mewah Simon Falic. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, mereka kembali tinggal di apartemen pribadi mereka di Jalan Gaza di Yerusalem.

Vila tersebut terletak di lingkungan Talpiot di Yerusalem. Itu adalah properti yang sering digunakan oleh pasangan Netanyahu selama beberapa tahun terakhir, dan memiliki tempat perlindungan rudal yang canggih.

Sumber yang dekat dengan Netanyahu membenarkan bahwa pasangan tersebut bersembunyi di bunker tersebut pada akhir pekan lalu. Namun, belum ada tanggapan dari kantor Netanyahu.
(dee/jpg/zuk)

News Feed