English English Indonesian Indonesian
oleh

Banyak Peluang Investasi, Ini Sektornya, Silakan Dipilih Sesuai Kemampuan

MAKASSAR, FAJAR — Investasi tak harus modal besar. Banyak peluang yang bisa disesusaikan dengan kemampuan.

Ada beberapa sektor investasi yang menjadi ladang potensial untuk digarap. Berdasarkan data dari Mandiri Investment Forum (MIF) 2024, ada beberapa industri potensial investasi di Indonesia untuk tahun ini.

Industri yang dimaksud antara lain, perbankan, pertambangan konsumsi, telekomunikasi, ritel, properti, dan teknologi. Sektor ini pun berjenjang. Dari skala paling besar, hingga yang sederhana.

Pascapemilu

Tahun ini yang lebih dikenal dengan tahun pemilu, kendatipun belum ada keputusan pemenang, tetap memberi peluang bagi investor. Memang, situasi ini membuat investor masih wait and see dalam berinvestasi baru.

“Namun bagi investasi yang sudah jalan, tentunya dilanjutkan,” ujar Analis Keuangan dan Perbankan, Sutardjo Tui, kemarin.

Untuk sektor apa saja yang menjadi unggulan Indonesia, termasuk Sulsel, tahun ini untuk menjadi sasaran investasi. Semua sektor pada dasarnya punya prospek.

“Karena sumber daya alam semuanya tersedia, termasuk luas pasarnya tersedia bagi pasar ekspor, termasuk penciptaan pasar,” tuturnya.

Untuk pasar dalam negeri juga menjanjikan. Jumlah penduduk Indonesia cukup besar dan setiap hari bertambah, bahkan ada bonus demografi. “Oleh sebab itu potensi investasi cukup menjanjikam untuk semua sektor ekonomi,” ujarnya.

Potensi Sulsel

Sementara itu, analis Ekonomi-Keuangan Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro Makassar Rosnaini Daga mengatakan untuk investasi di Sulsel ada beberapa sektor saja yang memang sangat berpotensi dilakukan investasi.

News Feed