English English Indonesian Indonesian
oleh

Banyak Peluang Investasi, Ini Sektornya, Silakan Dipilih Sesuai Kemampuan

Berdasarkan data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi mencapai Rp1.418,9 triliun sepanjang 2023. Untuk penanaman modal asing sebesar Rp744 triliun. Lima besar negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia yakni Singapura, Tiongkok, Hongkong, Jepang, dan Malaysia.

Pelemahan ekonomi Tiongkok, Hong Kong, dan Jepang yang mengalami resesi memang memiliki implikasi terhadap perekonomian dalam negeri, khususnya sektor investasi. Akan tetapi, sasaran investasi Indonesia tidak terbatas hanya negara-negara tersebut. Investasi dari benua lain terus bertambah setiap tahunnya.

“Tapi memang sudah sangat logis berdasarkan kedekatan geografis maka sampai saat ini yang menjadi investor terbesar negara-negara tersebut,” kata Eka Fitria, Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri.

Berdasarkan hasil riset tim Ekonom Bank Mandiri, sektor manufaktur memiliki kontribusi yang terbesar terhadap PDB. Namun kontribusinya cenderung menurun dari kisaran 20 persen sebelum pandemi menjadi 18 persen.

Revitalisasi sektor manufaktur sangat penting lantaran sebagian industri ini dapat menghasilkan nilai tambah signifikan dan menyerap tenaga kerja yang cukup besar.

Sedangkan, sektor pertanian merupakan sektor dengan kontribusi terbesar kedua pada pertumbuhan ekonomi. “Dengan risiko perubahan iklim yang semakin tinggi, ketahanan pangan menjadi isu yang penting untuk mencapai keberlanjutan ekonomi,” ucap Eka.

Gejolak global, termasuk di Timur Tengah memang patut diwaspadai. Meksi begitu, Indonesia membuktikan diri tangguh karena berhasil melaluinya tahun lalu. Meski begitu, ada dampaknya bagi dalam negeri.

News Feed