English English Indonesian Indonesian
oleh

Penumpang Balik Sesaki Pelabuhan Bangsale

SENGKANG, FAJAR — Usai mudik, tibalah musim balik. Sejumlah pelabuhan pun sesak oleh calon penumpang.

Aktivitas penyeberangan penumpang dan barang di Pelabuhan Bangsalae, Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo, pun padat. Rata-rata tujuan Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Mulai kemarin sudah memasuki puncaknya. Penyeberangan ke Tobaku masih aman dan terkendali. Kita perkirakan puncak arus balik berlangsung sampai Selasa, 16 April mendatang,” ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan (Dishub) Wajo, Muhammad Asri, Minggu, 14 April.

Diketahui, sebanyak tiga kapal motor penumpang (KMP) di Pelabuhan Bangsalae melayani penyeberangan ke Tobaku. Masing-masing, KMP Merak, KMP New Camelia, dan KMP New Rose.

Kondisi pemberangkatan penumpang cukup padat. Bahkan embarkasi KMP Merak dengan 160 penumpang overkapasitas. Sementara, maksimalnya 150 orang.

“Kita kondisikan kemarin. Kemungkinannya kita PP-kan karena banyak kendaraan yang masih antre agar tidak terjadi lagi overkapasitas,” jelasnya.

Kepala Dishub Wajo Andi Hasanuddin menjelaskan lonjakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bangsalae diperkirakan terjadi hingga Rabu mendatang.

“Antrean mobil sudah sampai gapura selamat datang. Waktu tempuh ke Tobaku, kan, sekitar 3-4 jam, makanya KMP akan diberangkatkan dua kali sehari,” tutupnya. (man/zuk)

News Feed