English English Indonesian Indonesian
oleh

Cuaca Ekstrem, Pelindo Regional Head 4 Minta Semua GM Waspada Kondisi Pelabuhan

FAJAR, MAKASSAR – Regional Head 4 PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Enriany Muis meminta kepada seluruh General Manager (GM) di Regional 4 untuk selalu memantau, mewaspadai, dan memonitor kondisi pelabuhan yang berada di wilayah kerja masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Regional Head 4 terkait penyampaian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa cuaca ekstrem kali ini salah satunya ditandai dengan tingginya curah hujan.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini, yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis, yaitu suatu fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi).

“Terkait imbauan tersebut, saya menyampaikan kepada seluruh GM di Regional 4 untuk selalu mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang saat ini masih melanda, khususnya di Kawasan Indonesia Timur. Apalagi saat ini masih dalam suasana libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, di mana cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi laut untuk kembali ke tempat tinggal usai berlibur di kampung halaman masing-masing,” terang Enriany.

Dia mengatakan, sejak 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 pihaknya menyiapkan Posko Penyelenggaraan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di semua pelabuhan di Regional 4. Posko tersebut tak hanya untuk memantau arus mudik masyarakat yang naik dan turun dari kapal laut, tapi juga turut memantau kondisi sekitar pelabuhan apalagi dalam keadaan cuaca ekstrem seperti saat ini.

News Feed