English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelabuhan Makassar Dapat Rapor Hijau Penilaian Strategi Nasional Pencegahan Korupsi

FAJAR, JAKARTA-Bagian dari Hari Anti Korupsi Sedunia, Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) membagikan raport Hijau untuk tujuh pelabuhan yang memberikan kontribusi positif, sepanjang 2021-2022. Ketujuh pelabuhan tersebut adalah Makassar, Kendari, Samarinda, Balikpapan, Tanjung Perak, Tanjung Mas, dan Cilegon.

Hal ini sejalan dengan dorongan Stranas PK sejak 2021 tentang aksi pemangkasan birokrasi dan peningkatan layanan di 14 kawasan pelabuhan di Indonesia. Hal ini dimulai dari penyederhanaan alur pelayanan, penerapan transparansi dan standardisasi prosedur layanan melalui sistem elektronik, penguatan pengawasan dan pengakomodasian pengaduan masyarakat.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengapresiasi pelabuhan-pelabuhan yang mendapatkan rapor hijau tersebut. Arif berpesan agar tidak berpuas diri dan pelayanan terus ditingkatkan untuk menghasilkan pelayanan yang lebih baik lagi.

Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir sangat bangga dengan pencapaian yang telah diraih oleh Pelabuhan Laut Makassar. Menurutnya hal ini dapat terwujud dengan adanya sinergi yang baik antara entitas di Pelabuhan Laut Makassar.

“Adanya aksi Stranas PK ini merupakan perwujudan pelayanan di pelabuhan untuk mengefisienkan biaya dan waktu layanan serta repetisi dan duplikasi dokumen, sehingga memudahkan dunia usaha dalam berinvestasi dan aktivitas usaha. Dengan adanya raport hijau ini tidak membuat kami semua berbangga diri, ini kemudian menjadi tantangan bagi kami untuk terus berbenah dan mempertahankan agar kami dapat terus meraih nilai hijau di masa yang akan datang,” kata Lutfie.

Penilaian Stranas PK terhadap 14 Pelabuhan di Indonesia dibagi dalam tiga kategori yaitu merah, kuning dan hijau. Selain Karntina Pertanian, kegiatan ini juga menghadirkan instansi – instansi terkait di wilayah pelabuhan antara lain Pelindo, Karantina Ikan, Bea Cukai serta Kementrian dan Lembaga terkait lainnya. (sal/*)

News Feed