English English Indonesian Indonesian
oleh

Antisipasi Arus Balik, IBI Pangkep Siapkan Pemeriksaan Gratis untuk Ibu dan Anak di Posko Opor

FAJAR, PANGKEP- Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Pangkep menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis di Posko Mudik Lebaran Tugu Bambu Runcing, Senin (15/4/2024).

Ketua IBI Cabang Pangkep, Asriani Rahim mengatakan bahwa, lewat program pusat yang disebut Posko Opor Bu Bidan atau Opor merupakan singkatan dari Organisasi Profesi Pro Perempuan. Pihaknya memulai pelaksanaan pagi hingga sore hari.

“Dengan bentuk kegiatan yang kami lakukan yaitu pemeriksaan tanda-tanda vital, pemeriksaan tanda bahaya ibu hamil, serta berbagai edukasi yang kami bersama tim yang turun di posko, kami sampaikan ke masyarakat yang mampir di posko ini,” ucapnya.

Adapun bentuk edukasi yang dilakukan yaitu edukasi kebutuhan air minum pada ibu dan anak serta penyediaan air minum disetiap posko.

“Edukasi terhadap pengelolaan limbah penggunaan diapers dan pembalut wanita juga kami sampaikan. Bahkan kami juga memberi edukasi KB dengan kami siapkan pengadaan alkon pil dan kondom,” paparnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memberi bekal mudik bagi pengendara yang melintas dan singgah di posko tersebut. “Petugas yang selama ini siaga di posko juga kami lakukan pemeriksaan dan kami siapkan juga bekal persediaan makan dan minum menghadapi arus balik ini,” imbuhnya.(fit)

News Feed