English English Indonesian Indonesian
oleh

Momen Libur Lebaran, Sekretaris Disbudpar Imbau Hal Ini

MAKASSAR, FAJAR — Momentum libur panjang cuti bersama hari raya Idulfitri menjadi waktu istimewa bersama keluarga. Menikmati libur dapat dilakukan dengan cara apa saja, asal tetap menjaga keselamatan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Andi Munawir mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada dinas terkait di kabupaten/kota dan pelaku pariwisata agar menciptakan liburan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

“Biasanya tempat-tempat wisata pada saat libur Idulfitri itu membludak. Jadi kita utamakan aspek keamanan,” ujar Andi Wiwin, sapaannya, Sabtu, 13 April 2024.

Selain itu, akomodasi makanan dan minuman yang terjamin ketersediaan dan higenitasnya juga menjadi atensi bagi para pelaku usaha. Juga lokasi-lokasi tertentu seperti di Bira, Bulukumba, agar loket masuk ke lokasi ditambah supaya tidak ada antrean yang berkepanjangan. Juga terkait SOP pada setiap spot wisata.

“Terus berkoordinasi dengan dinas pariwisata setempat, memantau dan mengecek jumlah wisatawan yang di waktu libur itu meningkat,” bebernya.

Selama 5-15 April, dinas pariwisata kabupaten/kota diminta secara aktif melaporkan perkembangan situasi dan tingkat kunjungan, serta hunian homestay di setiap daerah.

Di sisa waktu libur ini, ia berharap agar para wisatawan rutin memantau perkembangan cuaca di daerah spot wisata yang ia kunjungi. Para wisatawan juga diimbau agar memilih moda transportasi yang sudah terjamin keamanannya, misalnya rutin melakukan rampcheck.

“Juga pengelolaan sampah yang timbul akibat keramaian,” tandasnya. (uca)

News Feed