English English Indonesian Indonesian
oleh

Gencarkan Mendata Penghafal dan Pengajar Al-Qur’an

FAJAR, MAKASSAR-Muslimah Wahdah Makassar melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kesra Pemkot Makassar yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.2, Kel. Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Makassar, Selasa, 2 April 2024.

Kesra Pemkot Makassar merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas membantu kepala daerah dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu kegiatannya yang berfokus pada pembinaan Al-Qur’an dan masyarakat dijalankan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) di bawah naungan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Mental Spiritual Bagian Kesra yang dipimpin oleh A. Ali Harpan, S.STP, Msi.

Ali Harpan menyambut hangat kedatangan Muslimah Wahdah Makassar dan menjelaskan peran LPTQ dalam mendata penghafal dan pengajar Al-Qur’an di Kota Makassar. Pendataan ini bertujuan untuk membantu para pengajar Al-Qur’an agar dapat memperoleh insentif melalui dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya, akan dibuka pelatihan bersanad untuk guru mengaji.

Dalam kesempatan tersebut, Kesra Pemkot Makassar berharap dapat bekerja sama dengan Muslimah Wahdah Makassar dalam pendataan pengajar Al-Qur’an, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Selain itu, diharapkan terjalin kerja sama dalam pembinaan Al-Qur’an khusus untuk muslimah yang berada di lingkungan pemerintah Kota Makassar, dimulai dari ibu-ibu di Kesra dengan program Dirosa yang dimiliki oleh Muslimah Wahdah Makassar.

Ustadzah Hasriana Thamrin, Ketua Unit Humas dan Media Informasi Komunikasi Muslimah Wahdah Makassar, mengenalkan program Dirosa, yang merupakan Pendidikan Al-Qur’an bagi orang dewasa. Program ini bertujuan membangun dan memperbaiki kualitas bacaan Al-Qur’an masyarakat Kota Makassar.
Ia menyampaikan harapannya agar para ibu di Kesra tertarik untuk belajar mengaji secara berkala, mulai dari level pemula hingga lancar membaca Al-Qur’an. Muslimah Wahdah Makassar siap menyediakan jadwal dan pengajar untuk mendukung program ini. (*/)

News Feed