English English Indonesian Indonesian
oleh

JJ-UH Kantongi Sertifikat Jagung Unggul

FAJAR, MAKASSAR—Varietas Jagung Jago yang dikembangkan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar resmi mendapatkan sertifikat bibit jagung hibrida unggulan.

Sertifikat diberikan oleh Kementerian Pertanian RI per Kamis, 28 Maret 2024. Staf Ahli Kementerian Pertanian RI Prof. Dr. Ir. Yusran Yusuf, M.Si., IPU mengatakan adanya inovasi bibit unggul jagung jago akan membantu dan mendukung program pemerintah untuk kemandirian pangan.

Jagung Jago Universitas Hasanuddin (JJ-UH) memiliki kelebihan, yakni kandungan proksimat dan potensi produksi benih komersialnya. Selain itu, tongkolnya lebih padat berisi. Serta mampu berproduksi sangat tinggi pada dataran menengah dan tinggi.

“Varietas jagung di elevasi tersebut masih sangat terbatas jumlahnya. Jagung Jago juga telah melalui pengujian daya tahan terhadap berbagai macam penyakit,” ucapnya.

Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa menjelaskan, varietas jagung jago ditemukan oleh tim dan dosen terbaik Fakultas Pertanian yang memungkinkan Unhas menjadi salah satu produsen bibit jagung hibrida terbaik di Indonesia.

Secara umum, dengan adanyan sertifikasi jagung JJ-UH, sebagai pengakuan bahwa SDM Unhas mampu berkontribusi mensukseskan program pemerintah untuk kemandirian pangan.

“Inovasi jagung unggul JJ-UH tidak berhenti sampai di sini. Unhas akan segera memproduksi bibit jagung berkualitas tinggi untuk mensuplai pasar nasional yang kekurangan bibit jagung unggulan,” ucapnya.

Sertifikasi jagung JJ-UH ini kata dia, menjadi pembuktian bahwa usaha yang sungguh-sungguh disertai semangat pantang menyerah. Ini menghasilkan inovasi yang maksimal dan membanggakan. (wis)

News Feed