English English Indonesian Indonesian
oleh

Manfaatkan Peluang Beasiswa

FAJAR, MAKASSAR– Ada banyak peluang beasiswa bagi mahasiswa baru tahun ini. Salah satunya dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Mahasiswa baru baik dari PTN maupun PTS memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan itu.

Beasiswa tersebut dikerjasamakan dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Ditujukan bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan sarjana.

Akan tetapi, yang bisa mendapatkan yakni mereka yang memiliki prestasi atau talenta. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX, Dr. Andi Lukman, M.Si. mengatakan beasiswa ini terbuka bagi siswa yang memiliki prestasi akademik maupun nonakademik.

Adapun skema beasiswa, diberikan selama masa belajar di perguruan tinggi paling lama empat tahun. Tak hanya mahasiswa di PTN yang memiliki kesempatan meraih beasiswa ini. Namun mahasiswa di PTS juga memiliki peluang yang sama .

“Jadi bisa mendaftar lewat situs atau laman LPDP, tetapi mesti mengikuti syarat. Utamanya memiliki prestasi atau talenta,” ucapnya.

Rektor UNM, Prof Husain Syam mengatakan setiap tahunnya beberapa mahasiswa UNM mendapat beasiswa tersebut. Sebut saja setiap tahun penerima beasiswa LPDP secara nasional berjumlah 1.659 orang. Dari total tersebut sekitar 20-an mahasiswa di UNM yang lolos.

Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rionald Silaban mengatakan penerima beasiswa LPDP akan terdiri dari 10 angkatan.

Jika tahun lalu angkanya diatas 1.500 kuota, tahun ini bisa sampai 2.000 kuota. Mereka yang lolos kata Rionald, akan mendapat biaya pendidikan dengan dibayarkan SPPnya. Kemudian ada biaya transportasi, biaya pendukung dan biaya hidup bulanan.

News Feed