English English Indonesian Indonesian
oleh

Muballigh: Pejuang Dakwah

Oleh; Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin Makassar

Di bulan Ramadhan ini, ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ punya kontribusi superior terhadap umat.

๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ telah mengorbankan waktu dan tenaga demi progres dan evolusi kemajuan ilmu agama di pelosok mayapada.

Harakah dakwah yang dipelopori ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™, selain menyeru masyarakat kepada kebenaran juga mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Berprofesi sebagai ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ berarti bersiap menjadi substitusi perjuangan Rasullullah ๏ทบ dalam melestarikan nilai-nilai keislaman, dari generasi hingga leluri berikutnya tanpa putus.

Begitu andil ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ mengampanyekan nasihat dan petuah agama sesuai dengan domain bahwa Islam merupakan agama ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ช๐˜ญ โ€˜๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ.

Saat menunaikan misi suci, ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ tidak mengindra siang dan malam. ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ rela menyulut secercah cahaya dalam kegelapan, menuntun umat untuk memperoleh kesuksesan dunia dan akhirat.

Kendati sedikit letih terlihat di wajahnya, ๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™ tak pernah kendur vitalitasnya menyampaikan ayat demi ayat.

โ€œ๐˜‰๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ถ ‘๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ธ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ตโ€ (Hadits) Sungguh besar pengabdianmu wahai tuan Alim (๐™ˆ๐™ช๐™—๐™–๐™ก๐™ก๐™ž๐™œ๐™).

Engkau turut membentuk kepribadian dan akhlak umat. Tugas muliamu membangun kepercayaan masyarakat.ย 

Maka, berdakwah-lah sekaligus menjadi ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฐ๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ณ di tengah masyarakat majemuk Indonesia.

Bertutur katalah secara sopan santun, sambil memberikan contoh teladan yang baik. Jangan mudah menuduh ahli bid’ah terhadap golongan lain.

Hindari mengobral cetusan โ€˜haramโ€™ di atas podium. Sebab, bila engkau terus-menerus melakukan โ€˜sangkaanโ€™ itu, berarti engkau memvonis yang belum tentu valid kebenarannya.

News Feed