English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah S-2 Hanya Setahun di Unifa

*Program RPL

FAJAR, MAKASSAR—Universitas Fajar (Unifa) Makassar salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulsel yang memprogramkan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Bahkan, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX mencatat Unifa sebagai pelaksana RPL terbaik.

Program ini kembali menaikkan nama Unifa. Sebab baru setahun berdiri, sudah bisa menamatkan 30-an orang mahasiswa dari berbagai latar belakang. Baik pejabat pemerintah, manajer perusahaan swasta hingga pengusaha.

Memang untuk program S-2, bisa hanya dengan satu tahun kuliah sudah bisa meraih gelar magister melalui program RPL.

Sekadar diketahui, RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal Kuliah RPL memungkinkan mahasiswa untuk bisa lulus lebih cepat.

Jika kuliah S-1 biasanya membutuhkan waktu berkisar empat tahun untuk lulus, maka jika melalui RPL hanya kisaran dua tahun. Waktu dua tahun tersebut tentu sudah cukup cepat untuk mendapatkan gelar sarjana. RPL sendiri untuk orang yang memiliki pengalaman kerja.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unifa Makassar, Dr Ir Mujahid SE MM menuturkan program RPL ini pertama kali dibuat oleh Unifa di wilayah IX di Makassar. Meskipun, kata dia, usianya masih setahun, namun sudah bisa memperlihatkan kesuksesannya. Sehingga mendapat pengakuan dari LLDIKTI.

“Untuk program S-2, jumlah SKS yang diakui maksimal 24 SKS atau setara dengan delapan mata kuliah. Ini sudah bisa dijalankan setahun dan bisa dinyatakan mendapat gelar jika diselesaikan semua,” ucapnya.

News Feed