English English Indonesian Indonesian
oleh

348 Pelajar SMA Ikut Seleksi Calon Paskibraka Luwu

FAJAR, BELOPA – Sebanyak 348 orang siswa SMA, SMK dan Madrasah Aliyah seluruh Kabupaten Luwu mengikuti tes wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila, di ruang pola Andi Kambo, Kantor Bupati Luwu. Tes wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila dalam rangka seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Luwu tahun 2024.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Luwu, Kamal mengatakan, peserta yang ikut tes wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila pada hari ini berjumlah 348 orang. “Mereka berasal dari semua SMA, SMK dan sederajat Se-Kabupaten Luwu tanpa terkecuali,”kata Kamal.


Dari 348 orang yang ikut seleksi wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila, hanya sebanyak 71 untuk tingkat Kabupaten dan 4 tingkat Provinsi dengan estimasi 39 Putra dan 32 Putri yang diterima.
Ia menjelaskan ada beberapa tahapan yang telah dilakukan sebelumnya, yakni seleksi administrasi dan kesehatan dari masing-masing Kecamatan atau sekolah.

Tahapan selanjutnya yaitu tes kesehatan tingkat kabupaten, tes Kesamaptaan, tes PBB, dan terakhir adalah Pantauhir yakni wawancara face to face. Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Sulaiman, mengatakan kegiatan ini sebagai salah upaya untuk mewujudkan generasi muda yang disiplin, berwawasan kebangsaan, berakhlak mulia, terampil, cerdas serta berdedikasi tinggi dan bermartabat.

“Paskibraka dengan tugas utamanya untuk mengibarkan dan menurunkan bendera dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Sulaiman.

News Feed