English English Indonesian Indonesian
oleh

Ahli Biologi: Ada Bukti Kuat Virus COVID-19 Diciptakan di Laboratorium Tiongkok

Para ilmuwan mungkin masih memperdebatkan apakah pandemi COVID-19 terjadi secara alami atau karena rekayasa manusia, namun Ebright percaya bahwa perkembangan COVID-19 dapat ditelusuri kembali ke upaya EcoHealth Alliance.

Setelah dokumen Hak untuk Tahu AS tahun 2018 diperoleh melalui permintaan Freedom of Information Act dan diterbitkan, Daily Telegraph melaporkan bahwa Ebright mengatakan bukti yang lebih jelas bahwa virus tersebut telah disintesis di laboratorium.

Dalam dokumen yang baru dirilis, para peneliti mengusulkan untuk menambahkan “lokasi pembelahan khusus manusia yang sesuai” pada protein lonjakan virus terkait SARS – metode yang sama yang menurut sejumlah ahli biologi dapat digunakan untuk memproduksi patogen tersebut.

Para peneliti telah merencanakan untuk mengambil keuntungan dari standar keselamatan di laboratorium Wuhan – yang tidak memenuhi standar AS – dengan melakukan sebagian penelitian di sana dalam kondisi yang mereka klaim akan “kemungkinan membuat takut” para ilmuwan Amerika, ungkap dokumen tersebut. (amr)

News Feed