English English Indonesian Indonesian
oleh

Bisnis Warkop dan Kafe Panen selama Musim Pemilu, Gerakkan Uang dari Lobi Politik

MAKASSAR, FAJAR–Analis Keuangan dan Perbankan, Sutardjo Tui menuturkan bahwa potensi uang beredar untuk tahun ini berpotensi akan meningkat. Apalagi memasuki tahun politik dapat dipastikan akan terjadi aliran uang yang drastis ke setiap daerah.

“Di tahun politik ini yang dilakukan secara serentak akan terjadi perputaran uang belanja yang banyak,” ucap Ketua Program Magister Manajemen Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) itu.

Dengan banyaknya uang yang beredar, ada dampak lain yang mesti diantisipasi. “Itu (bisa) berbahaya bagi ekonomi karena berdampak ke inflasi,” tuturnya.

Secara umum, pertukaran uang itu akan menimbulkan dampak positif bagi beberapa sektor, utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok. “Ini pasti menguntungkan bagi produsen, di sektor pertanian, sektor perikanan dan utamanya pelaku usaha warkop,” katanya.

Yang akan banyak merasakan manfaat dari tahun politik ini adalah para pengusaha warkop dan kafe. Karena itu pasti banyak tim sukses yang kumpul dan mengajak konsituennya.

“Dari segi perputaran uang dan pertumbuhan ekonomi pasti akan bagus, namun dengan pengeluaran uang yang berlebihan pasti akan menimbulkan dampak tidak terlalu bagus karena pasti akan terjadi inflasi,” ujarnya. (sae/zuk)

News Feed