English English Indonesian Indonesian
oleh

Jalur Alternatif Pangkabinanga urai Kemacetan Poros Pallangga

SUNGGUMINASA,FAJAR— Pembangunan jalur alternatif di Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga menuju poros Pallangga terus dikebut. Pemkab Gowa menarget ruas tersebut bisa rampung Februari tahun ini. Idealnya, jalan tersebut dibangun di awal 2023 dan rampung di Desember 2023.

Namun, masih ada titik yang terhambat pembebasan lahannya, makanya baru mulai dikerja di Desember 2023. Sehingga, pengerjaannya pun menyeberang di 2024. Ruas alternatif tersebut diharap bisa mengurai kemacetan di Poros Pallangga, utamanya di kawasan Jembaran Kembar seperti yang dikeluhkan selama ini masyarakat pengguna jalan.

Diketahui, ruas tersebut memiliki panjang sekitar 325 meter dan lebar 5,5 meter dengan konstruksi beton. Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa, Rusdy Alimuddin mengatakan sebenarnya pembuatan jalan alternatif ini sudah direncanakan pada 2023 dan rampung di akhir Desember 2023.

Hanya saya, ada kendala pada proses pembebasan lahan masyarakat yang terkena pembangunan jalan. Ada rumah yang paling ujung yang belum dibebaskan sehingga kalau jika dilakukan pekerjaan di lapangan, akan melanggar hukum. “Ini karena asetnya itu masih dimiliki oleh masyarakat. Nanti setelah pembebasan baru masuk aset pemerintah daerah, Makanya baru bisa dimulai,” tambahnya.

Selama ini, lanjutnya, sering terjadi kemacetan di ujung Jembatan Kembar dan Jalan Poros Pangkabinanga karena adanya pertemuan arus kendaraan. Baik dari arah Sungguminasa menuju Pangkabinanga maupun dari arah sebaliknya. Kemudian ditambah kondisi jalan yang sempit dan menikung.

News Feed