English English Indonesian Indonesian
oleh

Serikat Pekerja dan Buruh Dukung Subhan Djaya Mappaturung ke DPR RI

FAJAR, MAKASSAR– Partai Keadilan Sejahtera (PKS) optimis dapat meraih kursi DPR RI di Dapil Sulsel 1. Dua kursi ditargetkan dapat diraih. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Dapil 1 PKS, Subhan Djaya. Caleg nomor urut 3 ini juga sangat optimis dirinya dapat menjadi salah satu perwakilan yang dapat lolos.

Keyakinan Subhan makin kuat setelah dirinya mendapat dukungan dari serikat pekerja dan buruh di Sulsel. Dukungan tersebut telah ditegaskan oleh pengurus Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sulsel saat memaksakan forum silaturahmi dengan Subhan Djaya di MaRI, Rabu, 10 Januari.

Ketua DPD KSPSI Sulsel, Abdul Muis mengatakan forum silaturahmi ini merupakan gagasan dari serikat pekerja dan buruh. Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada Subhan Djaya untuk duduk di DPR RI pada Pemilu 2024.

Dukungan ini kata dia karena para buruh telah melihat dan menilai bahwa Subhan punya track record sebagai pekerja, pemberani dan punya komitmen. “Sehingga pada saat ia mencalonkan nomor urut 3 di PKS dapil Sulsel 1 semua teman-teman menyambut dengan baik,” katanya.

Serikat pekerja dan buruh kata dia juga akan bekerja semaksimal mungkin untuk bagaimana menambah suara dari pekerja buruh. Khususnya di dapil Sulsel 1 dengan menyasar keluarga-keluarga pekerja untuk ikut mendukung.

Anggota KSPSI sendiri kata dia itu sudah sekira 25 ribu. “Jadi di dapil 1 yah maksimalkan. Kalau 5000 suara mungkin kecil kita sumbangankan ke Pak Subhan,” ujar Muis.

Subhan Djaya mengaku sangat senang dengan dukungan tersebut karena dia dan pekerja punya kesamaan garis perjuangan untuk menyejahterakan buruh sehingga buruh benar-benar dapat terlindungi.

“Sebenarnya itu cita-cita kita semua. Cuma memang teman-teman buruh ini hanya butuh komitmen saja dengan dukungan anggota dewan yang ia kenal dan dipercaya. Saya dianggap bisa merepresentasikan apa yang menjadi keresahan mereka selama ini,” katanya.

Dukungan ini dinilai luar biasa karena mereka punya basis yang luas dan selama ini mereka sangat solid. Dukungan ini juga diakui betul-betul murni dan tidak ada rekayasa sama sekali. “Mereka juga mendukung AMIN dan partainya PKS. Calegnya mereka dukung ke saya jadi kami sampaikan terima kasih,” ucap Subhan.

Ditanya soal basis? Subhan mengatakan dia memang mengandalkan pekerja karena itu organisasinya. Namun, untuk wilayah, basis utama adalah di Kabupaten Takalar. Sebab merepotkan daerah asal dan selama ini sudah banyak jalan dengan komunitas-komunitas dan keluarga besar “Saya lahir menghabiskan masa kecil dan remaja di sana. Jadi banyak juga teman-teman membantu membuat simpul-simpul,” ungkapnya.

Soal target, Subhan mengatakan dirinya tak mematok. Tetapi ia ingin bekerja keras untuk mendukung PKS bisa dapat dua kursi di dapil 1. Subhan dengan KSPSI juga melakukan tanda tangan kontrak politik. Dengan perjanjian KSPSI mendukung penuh dan Subhan akan memenuhi kewajibannya saat saat terpilih.

“Yaitu dengan membina organisasi dan mengawal garis perjuangan mereka. Tentu saya akan berada pada garis politik mereka. Dalam konteks mengenai aturan perundang-undangan yang membebani mereka dan lain sebagainya,” katanya. (mum)

News Feed