English English Indonesian Indonesian
oleh

Tiga Hari Sortir, KPU Pangkep Temukan 1.023 Kertas Suara Pilpres Rusak

FAJAR, PANGKEP- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkep menemukan ribuan kertas surat suara yang rusak dan tidak layak dipakai oleh pemilih pada pemilu mendatang di Kabupaten Pangkep.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkep, Ichlas saat ditemui di Gudang Logistik KPU Pangkep, Senin, 8 Januari menyampaikan bahwa ketika proses sortir ditemukan sejumlah kertas suara yang rusak dalam tiga hari sortir dan pelipatan yang dilakukan. Kerusakan itu ditemukan dalam kondisi robek hingga warna yang kabur.

“Yang kami temukan yaitu adanya kertas suara yang rusak, berupa warna pudar hasil dari percetakannya, banyak juga yang robek, kertas kita lihat cacat karena tidak dapat digunakan,” ungkapnya.

Ichlas menyebut bahwa warna kertas suara yang pudar dikhawatirkan menyulitkan pemilih nantinya ketika ada perbedaan warna yang begitu mendasar. “Iya dari proses cetaknnya sudah seperti itu. Sehingga dalam proses sortir yang kami lakukan itu langsung dipisahkan,” jelasnya.

Sehingga totalnya hingga hari ketiga pelaksanaan sortir dan pelipatan kertas suara ditemukan 1.023 kertas suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden yang rusak.

“Iya yang rusak itu kertas suara pemilihan presiden dan wakil presiden, makanya kami akan ajukan segera, karena secara bertahap kami sortir dan lipat jadi kami selesaikan dulu untuk pemilihan presiden dan wakilnya kemudian lanjut ke kertas suara DPD hari ini,” bebernya.(fit)

News Feed