English English Indonesian Indonesian
oleh

8 Tips Cara Merawat Lensa Kamera dengan Tepat Agar Lebih Awet

FAJAR, MAKASSAR — Kamera termasuk benda penting yang digunakan banyak orang untuk kebutuhan dokumentasi. Tidak hanya digunakan oleh para profesional, kamera juga banyak dimanfaatkan secara amatir. Pada kamera terdapat banyak komponen yang harus dipastikan tetap berfungsi, termasuk dengan cara merawat lensa kamera.

Lensa pada kamera merupakan bagian yang sangat penting. Lensa berguna untuk mengumpulkan cahaya dari suatu objek dan membawanya ke titik fokus. Proses ini memungkinkan lensa membentuk gambar yang dapat terlihat oleh mata manusia atau diterima oleh alat optik.

8 Tips Cara Merawat Lensa Kamera dengan Tepat Agar Lebih Awet

Karena lensa memiliki sensitivitas yang tinggi, maka dibutuhkan treatment khusus dalam merawatnya. Hal ini penting dilakukan agar lensa kamera tidak cepat rusak dan terhindar dari jamur yang sangat gampang menyerang lensa. Berikut ini adalah tips merawat lensa kamera yang benar:

1. Simpan dengan Posisi yang Benar

Tips merawat lensa pada kamera yang paling utama adalah dengan memperhatikan cara penyimpanan. Dalam menyimpan lensa kamera, pastikan posisi kamera dalam keadaan bodi kamera di bawah dan lensa menghadap ke atas. Jika disimpan dalam tas, posisi kamera dan lensa bisa disesuaikan dengan tempatnya.

2. Hindari Menyimpan di Tempat Lembab

Selain posisi, perhatikan suhu ruangan dalam menyimpan kamera. Sebaiknya menempatkan kamera pada ruangan yang kering dan sejuk. Udara yang lembab akan memicu tumbuhnya jamur pada lensa yang dapat mengganggu fungsinya.

3. Gunakan Pembersih Khusus

Membersihkan kamera juga perlu rutin dilakukan agar lensa tetap berfungsi. Namun jangan gunakan sembarang pembersih. Kamera termasuk bagian lensanya harus dibersihkan dengan alat dan cairan pembersih khusus atau lens cleaning kit. Bersihkan dengan gerakan yang pelan dan hati-hati.

News Feed