English English Indonesian Indonesian
oleh

8 Tips Cara Merawat Lensa Kamera dengan Tepat Agar Lebih Awet

4. Lepas Lensa saat Tidak Digunakan

Saat kamera tidak digunakan, lensa sebaiknya dilepas. Setelah dilepas, lensa bisa ditutup dengan lens hood untuk menghindari paparan debu yang bisa masuk ke bagian fokus kamera. Tombol AF (autofocus) dan VR (vibration reduction) harus dimatikan saat kamera dalam keadaan mati.

5. Hindari Menyentuh Sensor Kamera

Ketika menggunakan kamera maupun memegangnya, hindari menyentuh bagian sensor. Sentuhan tangan pada bagian tersebut bisa meninggalkan bekas sidik jari, kotoran atau debu yang dapat merusak lensa.

6. Hindari Meniup Lensa

Meniup kamera juga menjadi suatu hal yang dilarang karena dikhawatirkan udara yang berhembus membawa air liur yang dapat mengotori lensa. Pada udara yang mengenai lensa juga dapat membawa debu yang bisa membuat lensa cepat rusak.

7. Gunakan Tas Khusus saat Bepergian

Perhatikan juga penyimpanan kamera saat dibawa bepergian. Sebaiknya gunakan tas khusus untuk membawa kamera dengan bagian-bagiannya yang terpisah. Sehingga bagian lensa dapat tersimpan di tempat tersendiri untuk menghindari goresan.

8. Gunakan Filter Lensa

Tips terakhir dalam menyimpan lensa kamera adalah menggunakan filter. Filter bermanfaat untuk melindungi lensa dari debu dan benturan ringan. Selain itu, filter kamera juga berfungsi untuk menghasilkan foto yang lebih bagus.

Itulah sederet tips merawat lensa kamera agar tetap bersih, terhindar dari jamur, awet dan tetap berfungsi. Dengan lensa yang bersih dan terawat, kamera akan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan apa saja.

Anda sedang mencari lensa yang tepat untuk kamera Anda? Jawabannya adalah lensa sigma yang sering jadi pilihan para fotografer profesional. Anda bisa membelinya di Blibli dengan memanfaatkan penawaran menarik, seperti diskon spesial, flash sale, hingga gratis ongkos kirim untuk berbelanja lebih hemat. (*)

News Feed