English English Indonesian Indonesian
oleh

Banggakan Sulsel, Desa Tarowang Jeneponto Jadi Mitra Terbaik dalam Abdidaya Ormawa Kemendikbudristek 2023

FAJAR, JEMBER — Desa Tarowang di Kabupaten Jeneponto berhasil meraih medali emas dalam penganugerahan Abdidaya Ormawa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Auditorium Universitas Jember, Jawa Timur, Sabtu malam, 9 Desember 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Desa Tarowang, Saharuddin Sila dalam kategori Mitra dengan Dukungan Berkelanjutan Paling Strategis pada Pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (Maperwa UNM).

Dari 608 pembimbing yang kemudian disaring menjadi 60 dosen pendamping masuk final Abdidaya Ormawa yang dilaksanakan di Universitas Jember, Jawa Timur pada 7-9 Desember 2023.

Dosen Pembimbing Asri Ismail menjelaskan, tim yang didampingi merancang Inovasi teknologi pada kegiatan tersebut adalah adanya website sebagai komponen utama.

Website itu berfungsi sebagai buku tabungan untuk seluruh nasabah yang ada di Desa Tarowang. Tidak hanya itu, tim juga merancang dua mesin pertama pembakaran untuk membuat paving block dari sampah plastik.

Kedua, mesin pengolah bongkol jagung, bunga lontar jantan, dan tempurung kelapa yang kemudian dijadikan sebagai briket.

“Alhamdulillah, program ini mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat dan pemerintah setempat,” pungkasnya.

Ketua Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisas Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Maperwa, Muh Riyadh Ma’rif menuturkan bahwa capaian ini tidak lepas dari kolektif dari semua tim pelaksana selama kurang lebih lima bulan dalam merealisasikan program yang didanai oleh Kemendikbudristek.

News Feed