English English Indonesian Indonesian
oleh

PLN Imbau Masyarakat Waspada Penipuan

MAKASSAR, FAJAR — PT PLN senantiasa mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN. Untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan, PLN menyediakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulsel, Sulawesi Tenggara dan Sulbar (UID Sulselrabar), Moch Andy Adchaminoerdin mengatakan, baru-baru ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus. Seperti mendownload aplikasi atau file tertentu, modus promo tambah daya, hingga layanan yang mengaku petugas PLN yang datang ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan.

“Kami menghmbau agar masyarakat berhati-hati atas tawaran ataupun pihak-pihak yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah biaya atau bayaran,” ujar Andy, Senin, 16 Oktober 2023.

Andy menegaskan, PLN tidak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi dan seluruh transaksi pembayaran saat ini terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB).

“Sebab, semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan,” ujar Andy.

Ia menambahkan, PLN juga tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door kepada pelanggan. Seperti penggantian kWh meter, penjualan boks kWh meter atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

“Adapun apabila ada penggantian kWh meter, merupakan bentuk peningkatan layanan kami dan tidak dipungut biaya. Selain itu semua transaksi pembayaran melalui sistem PPOB serta tidak ada pembayaran di rumah pelanggan,” urainya.

News Feed