English English Indonesian Indonesian
oleh

Pendidikan Alternatif sebagai Upaya Perempuan Support Perempuan dalam Pendidikan

Oleh: Ikrima (Pengurus IMM Bali)

Perempuan dan pendidikan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Perempuan perlu mendapatkan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik dan tinggi sangat penting bagi peran perempuan masa kini. 

Pertama, perbaikan ekonomi keluarga. Pendidikan yang bagus membuka peluang perempuan bekerja dalam bidang profesional, membentuk pola pikir yang matang dan kritis sehingga membuat perempuan lebih bijak, dan sebagai upaya pemberdayaan perempuan. 

Namun pada kenyataannya kesempatan perempuan untuk mendapatkan pendidikan masih minim. Berdasarkan data dari Komnas Perempuan, diketahui bahwa secara nasional, Angka Melek Huruf (AMH) tahun 2021 masih belum banyak berubah dengan tahun-tahun sebelumnya. Angka melek huruf penduduk perempuan di daerah perdesaan juga lebih rendah dibandingkan perkotaan dan nasional yaitu di perdesaan hanya 91,68 persen lebih rendah dari angka nasional yakni 96,04 persen dan perkotaan sebesar 96,93 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa masih adanya kesenjangan capaian pendidikan terutama dalam pencapaian melek huruf yang diperoleh antara laki-laki dan perempuan baik di perkotaan maupun di perdesaan

Data lain dari Komnas Perempuan juga menunjukkan penduduk perempuan yang tidak pernah sekolah atau tidak tamat SD/sederajat memiliki persentase lebih tinggi, yaitu 16,09 persen jika dibandingkan lakilaki yang berjumlah 11,65 persen. Begitu juga pada tingkat lulusan SD/sederajat, persentase perempuan masih lebih tinggi yaitu pada angka 25,37 persen jika dibandingkan laki-laki yang mencapai 24,84 persen. Akan tetapi, pada level lulusan SMP/sederajat, ternyata persentase perempuan lebih rendah daripada jumlah laki-laki meskipun hanya selisih 0,49 persen saja.

News Feed