English English Indonesian Indonesian
oleh

Posko KKNT INTI Lakukan PKM di Desa Bontosunggu, Edukasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penanganan Stunting

FAJAR JENEPONTO–Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Angkatan 2 Institut Turatea Indonesia (INTI) Jeneponto, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Mengambil tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penanganan Stunting”. Bekerjasama dengan Universitas Handayani Makassar, kegiatan dipusatkan di Balai Desa Bontosunggu, Kecamatan Tamalatea. Dilaksanaka sejak, Kamis (14/09/2023).

Rektor INTI, Prof. Maksud Hakim mengaku mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dan dosen pembimbing lapangan.

”Kegiatan ini dalam upaya penanganan stunting lebih cepat dan akurat karena bantuan teknologi informasi” kata Rektor lebih lanjut.

Pemateri pertama adalah Dr. Fahrisal Husain, SE.,M.Si, yang mengetengahkan sumber data stunting di Sulawesi selatan khususnya di Kabupaten Jeneponto.

Selanjutnya materi tentang website BKKBN yang menjadi leading sector penanganan stunting yakni https://aplikasi.bkkbn.go.id>sidika. Aplikasi ini memuat materi-materi penganan stunting terprogram terupdate.

Pemateri kedua adalah ahli gizi, Abd. Rachmad, SKM., M.Kes membahas pentingnya gizi khususnya protein kepada anak balita di 1000 hari pertama sejak kelahiran.

“Sesibuk apapun orang tuanya asupan gizi harus tercukupi, jangan mengandalkan makanan instan yang justru bisa berbahaya bagi sang balita” tandas Rachmad yang juga pembuat aplikasi sistem informasi pemerintahan Desa.

Pemeteri ketiga seorang ahli teknologi informasi Ilham Ali Marka dari Universitas Handayani yang mengupas pentingnya teknologi informasi dalam memecahkan berbagai persoalan masyarakat termasuk penanganan stunting.

Materi teknologi Informasi berupa simulasi pembuatan google form untuk kader-kader posyandu sebagai lini terdepan penanganan stunting khususnya pengolahan data. Dengan memasukkan data kedalam google form pendataan balita akan mempercepat penangan stunting dan pelaporannya.

Adapun mahasiswa yang dilibatkan dalam PKM adalah mahasiswa KKNT di Desa Bontosunggu yaitu: Adel Aisyah (Ekonomi Pembangunan), Alfira Febriani Putri (Pendidikan Biologi), Jelita Syam (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Lalu Lilis Widiawati (Ekonomi Pembangunan), Dewi Citra (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Nurhuda Karlilis (Ekonomi Pembangunan), dan Nurul Za’ada (Ekonomi Pembangunan).

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa dosen pembimbing lapangan diantaranya Ir. Kamaluddin R., M.Si, dan Hamzah Haris, SH., M.Si.

Sebelum pelaksanakan acara PKM mahasiswa dibawah bimbingan DPL telah melaksanakan survey lapangan ke seluruh RW dan RT, sekolah-sekolah, serta terlibat dalam program penimbangan balita di Posyandu.

Akhirnya terwujudlah beberapa program kerja seperti pemberian makanan tambahan kepada balita dan pembagian telur ke beberapa keluarga terdampak stunting.
(*)

News Feed