English English Indonesian Indonesian
oleh

Market Day SD Plus Al-Ashri, Sarana Terapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

FAJAR, MAKASSAR-Menyandingkan kegiatan Market Day dan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan, kegiatan ini sukses dilaksanakan oleh SD Plus Al-Ashri pada hari Selasa, 19 September 2023.

Merupakan salah satu kegiatan tahunan yang kemeriahannya selalu dinantikan bukan hanya oleh siswa, tetapi juga oleh orangtua siswa.  Dalam kegiatan ini,  siswa menyiapkan sendiri stand jualan dengan tema yang ditentukan oleh masing-masing kelas, hiasan-hiasan stand sampai menyiapkan jualan dilakukan oleh siswa. Tidak ada intervensi dari guru atau sekolah dalam menyiapkan konsep dan barang jualan masing-masing siswa.  Antusiasme orangtua siswa dalam kegiatan market day juga tercermin dari ikut terjun langsungnya orangtua siswa dalam pembuatan stand sampai kepada mempersiapkan barang jualan anak.

Hijriyati Amat selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SD Plus Al-Ashri dengan jumlah stand yang dibuat mencapai 21 stand jualan dengan berbagai tema berbeda-beda.  Diikuti oleh sekitar  470  siswa SD Plus Al-Ashri, kegiatan ini mampu menyedot pengunjung dari berbagai tempat.  Bukan hanya orangtua siswa, tetapi pengunjung dari berbagai kalangan seperti pekerja kantor yang lokasi kantornya tidak jauh dari sekolah atau yang mendapat informasi tentang adanya kegiatan ini.

Masdia, Kepala sekolah SD Plus Al-Ashri mengatakan bahwa kegiatan market day merupakan sebuah kegiatan yang memberi ruang kepada siswa-siswi untuk melatih kewirausahaan siswa dengan harapan dapat memacu siswa untuk menumbuhkan kemampuan enterpreuner siswa serta keterampilan dalam berwirausaha ke depannya.

Beliau menambahkan bahwa kegiatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena baru pada tahun ini kegiatan market day dirangkaian dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai salah satu bentuk rangkaian pembelajaran kurikulum merdeka, sehingga dalam market day tahun ini bukan hanya tentang pengetahuan berwirausaha tetapi juga melihat dimensi profil pelajar Pancasila seperti sikap mandiri, kreatif, dan bergotong royong.

Dalam kegiatan ini juga hadir mahasiswa dari Chou University, Jepang yang sementara ini sedang melakukan pertukaran mahasiswa dan penelitian di Universitas Hasanuddin untuk melihat langsung kegiatan Market day SD Plus Al-Ashri.  Di hari pasar tersebut, mahasiswa dari Chou University ini mencoba berbagai makanan tradisional yang tersaji dalam market day seperti makanan tradisional.

Kegiatan Market Day  juga merupakan salah satu bentuk perwujudan dan penerapan pendidikan karakter di sekolah.  Berharap dengan mengenalkan kegiatan ini sedini mungkin akan lahir enterpreuner masa depan yang bukan hanya memikirkan tentang materi semata tapi juga memiliki sikap Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Akhlak Utama. Prestasi Pertama. Al-ashri Juara. (*)

News Feed