English English Indonesian Indonesian
oleh

Badaruddin Puang Sabang Terima Penghargaan Nasional dari Mentan RI di BUNEX 2023

FAJAR, TANGERANG — Sejumlah pelaku usaha pertanian dan unsur pemerintahan yang dinilai berkontribusi besar pada sektor perkebunan mendapatkan penghargaan nasional dari Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo pada acara Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BDS Serpong-Tangerang, pada 7-9 September 2023.

Salah satu penerima Penghargaan Nasional Kategori Mitra Pemerintah dalam Penyediaan Benih komoditas Perkebunan adalah Ketua Umum Perkumpulan Penangkaran Benih Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBTPI) Dr Ir H Badaruddin Puang Sabang, MM.

Menurut Badaruddin, acara BUNEX 2023 tersebut menjadi momentum ajang konsolidasi diri, forum aktulisasi dan kilas balik perjalanan pembangunan perkebunan serta menjadi momentum dan bagian dalam konsolidasi idealisme dan nasionalisme.

“Kita mengapresiasi acara BUNEX 2023 ini dan pihak Direktorat Jenderal Perkebunan yang dapat membangun perkebunan tidak hanya mengandalkan skema penganggaran dari APBN atau APBD. Namun dari acara ini kita bisa melihat bahwa membangun perkebunan harus melibatkan dari berbagai pihak. Kehadiran dan keberpihakan pemerintah pada rakyat serta hadirnya pelaku usaha yang hukumnya untuk kepentingan bersama. BUNEX ini juga sebagai upaya untuk dapat mengangkat produk hasil perkebunan agar dikenal luas oleh stakeholder perkebunan dan masyarakat,” ujarnya, Minggu, 10 September 2023.

Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sulsel ini, mengatakan, dari BUNEX 2023 terungkap bahwa ekspor komoditas perkebunan yang melonjak pada tahun 2023 paling besar disumbang oleh komoditas kelapa sawit, karet, kakao, kelapa dan kopi. Komoditas sawit berkontribusi 78,5 persen terhadap total ekspor perkebunan yang sebesar Rp47,93 triliun.

News Feed