English English Indonesian Indonesian
oleh

Ketum Kadin Sulsel Minta Pemerintah Pertimbangkan Kebijakan Penghapusan Pertalite, Bisa Tekan Daya Beli Masyarakat

FAJAR, MAKASSAR — Penghapusan Pertalite akan memicu kenaikan harga BBM yang akan berdampak di segala sektor.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Andi Iwan Darmawan menuturkan, kenaikan harga BBM pasti akan berdampak terhadap sektor kehidupan dan ekonomi masyarakat. Utamanya para masyarakat yang tergolong ekonomi rendah.

“Kenaikan harga BBM akan menaikkan biaya transportasi, akan menaikkan harga barang termasuk bahan baku. Konsekuensinya harga produk dan harga jual menjadi naik,” katanya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengatakan, jika terjadi kenaikan harga pastinya akan bersinggungan dengan inflasi. Dengan demikian kenaikan harga BBM merupakan hulu atas pergerakan ekonomi, khususnya sektor mikro yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Ini akan makin memperparah kondisi masyarakat bawah, yang sudah dihadapkan pada lonjakan harga pangan selama beberapa bulan terakhir,” jelasnya.

Bendahara Umum DPN HKTI ini menyebutkan, bahan pokok serta bahan pangan menjadi salah satu yang paling terdampak dalam kenaikan harga BBM. Produk-produk pertanian tentu memasukkan transportasi sebagai biaya akomodasinya.

“Hal ini tentu akan membengkak karena bahan bakar yang digunaan mengalami kenaikan harga. Dan hampir semua bahan  tentu akan terkena dampak dari meningkatnya biaya transportasi, sebab cost transport yang alami kenaikan,” ujarnya.

Dewan Kehormatan BPP Hipmi itu menambahkan, seperti yang sudah-sudah, kenaikan harga BBM juga pasti akan menyebabkan terjadinya inflasi. Karena ongkos logistik yang meningkat dan inilah yang menjadi pemicu utama.

News Feed