English English Indonesian Indonesian
oleh

Lebih Dekat dengan Andi Sutomo: Perjalanan Leluhur dan Dedikasi Tanpa Batas

FAJAR, MAKASSAR — Di balik setiap penghargaan dan tanda jasa yang melekat pada namanya, terdapat kisah inspiratif dan perjalanan panjang seorang Marsekal Pertama TNI Ir Andi Sutomo, ST, SH, MSi (Han), CEH, IPP.

Ia menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pertahanan RI.

Menilik lebih dekat pada riwayat hidupnya, Andi Sutomo adalah sosok yang telah mengukir prestasi gemilang di bidang militer dan akademis.

Lahir di Sidrap, Sulawesi Selatan, pada 10 November 1965, Andi Sutomo tumbuh dari akar keluarga Bugis yang kaya akan nilai-nilai kejuangan dan kemandirian. Didukung oleh orang tua yang penuh semangat, ia mengukir jejaknya dengan ketekunan melalui pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Dalam dunia militer, Andi Sutomo menunjukkan dedikasi dan semangat yang tak pernah luntur. Berbagai pangkat yang diraihnya dari Letnan Dua hingga Marsekal Pertama TNI adalah hasil dari kerja keras, latihan, dan komitmen dalam menjaga keamanan dan kedaulatan tanah air.

“Melalui tugas dan pelatihan di berbagai negara, tidak hanya mengasah kemampuan militer, tetapi juga membangun jaringan dan pemahaman tentang isu-isu global,” katanya.

Selain di dunia militer, Andi Sutomo juga menunjukkan kecerdasannya dalam dunia akademis. Lulusan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia dan Universitas Suryadharma, ia tidak hanya memiliki latar belakang di bidang teknik elektro dan hukum. Tetapi juga telah meraih gelar magister dan sedang mengejar gelar doktor di Universitas Pertahanan RI.

News Feed