English English Indonesian Indonesian
oleh

Dewan Profesor Unhas Luncurkan Kegiatan Profesor Menginspirasi untuk Akselerasi Pembangunan Daerah

FAJAR, MAKASSAR-Dewan Profesor Unhas meluncurkan kegiatan “Profesor Menginspirasi”. Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu tugas dan wewenang dari Dewan Profesor, yaitu mengembangkan pemikiran akademik bagi penyelesaian permasalahan bangsa.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Dewan
Profesor dapat mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan di daerah-daerah yang ada di Sulawesi Selatan.
Kegiatan batch pertama dilaksanakan di 3 (tiga) kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Barru, Kota Parepare dan Kabupaten Sidenreng Rappang. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Agustus 2023.

Pada kegiatan ini menghadirkan 12 profesor dengan kepakaran yang berbeda-beda. Setiap profesor melakukan sharing dengan mengangkat topik yang berbeda, yaitu bidang kesehatan, pertanian, peternakan, ekonomi, hukum, teknik, ilmu kelautan dan perikanan serta pendidikan

Ketua Senat Akademik Unhas, Prof. Dr. drg. Bahruddin Thalib, M.Kes., Sp.Pros(K). menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemikiran baru bagi setiap daerah untuk upaya penyelesaian permasalahan yang ada di setiap daerah.

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di Dewan Profesor Unhas. Diharapkan kegiatan ini berkelanjutan dengan mengikutsertakan lebih banyak lagi profesor dengan bidang keahlian yang lebih beragam.

Ketua Dewan Profesor Unhas, Prof. Dr. A. Pangerang Moenta, S.H., M.H., DFM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan profesor menginspirasi ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh profesor Unhas.

Kegiatan ini bertujuan agar dosen dapat mengamalkan berbagai kepakaran yang dimiliki sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah. Kegiatan ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2023 dengan mengunjungi Pemda Kabupaten Barru, kemudian dilanjutkan pada tanggal 18 Agustus 2023 dengan mengunjungi Pemda Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap. Ke depannya akan dilaksanakan lagi dengan mengunjungi daerah-daerah lainnya dengan melibatkan berbagai profesor di Unhas dengan bidang kepakaran masing-masing.

Kegiatan ini berjalan lancar dan diterima dengan baik dengan pemerintah setempat. Kabupaten Barru diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda), dalam penerimaannya menyampaikan terima kasih kepada Dewan Profesor Unhas yang sudah proaktif ke daerah-daerah untuk sharing dalam upaya Pembangunan daerah. Di Kota Parepare DP Unhas diterima dengan baik oleh Walikota Parepare yang sangat merasa bangga dan mengapresiasi kegiatan ini.

Wali Kota Parepare berharap dari kegiatan ini ada grand theory yang dapat diimplementasikan di Kota Parepare sehingga dapat dapat dihasilkan program-program inovatif. Kunjungan terakhir dilaksanakan di Kabupaten Sidrap yang diterima oleh Asisten Administrasi Umum, kegiatan berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif. (*)

News Feed