English English Indonesian Indonesian
oleh

Intervensi Dini Keluarga dengan Anak Berkebutuhan Khusus

FAJAR, MAKASSAR-Anak berkebutuhan khusus membutuhkan cara tersendiri dalam membesarkannya. Oleh karena itu Universitas Negeri Makassar menggelar Program Kemitraan Masyarakat di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Polewali, 5 Agustus lalu.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan pembukaan oleh Kaprodi, Kepala Sekolah dan Ketua Pengabdian. Dilanjutkan dengan sesi bimbingan dan konsultasi pada keluarga anak berkebutuhan khusus dengan melatihkan guru.

Tim Pengabdi, Dr Syamsuddin, mengungkap, tema kegiatan pengabdian kali ini adalah Intervensi Dini pada Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan dukungan orang tua anak berkebutuhan khusus dalam pengasuhan.

“Meliputi edukasi kepada orang tua tentang karakteristik, kebutuhan belajar, keterampilan yang bisa dilatihkan kepada anak berkebutuhan khusus.
Panduan aktivitas orang tua bersama anak di rumah,” ungkapnya.

Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Polewali. Melalui kegiatan pengabsian ini diharapkan guru mampu membimbinga orang tua untuk dapat memahami karakteristik, kebutuhan anak berkebutuhan khusus yang dimiliki dan memberdayakan orang melalui intervensi berbasis keluarga. Selain Dr Syamsuddin, dua tim pengabdi lainnya ada Dr Purwaka Hadi dan Zulfitrah. (mia)

News Feed