English English Indonesian Indonesian
oleh

Ikapem Baksos Tanam Seribu Pohon Mangrove

FAJAR, MAKASSAR— Ikatan Alumni Pesantren Muhammadiyah (Ikapem) Darul Arqam Gombara melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan penanaman 1000 Pohon mangrove di pesisir kawasan pantai Kelurahan Untia kecamatan Biringkanaya Makassar, Minggu, (23/7).

Bakti sosial (baksos) ini merupakan kerja sama antara Ikapem dan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Jeneberang Saddang. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut Musyawarah Besar Ikapem yang akan berlangsung pada 15-16 September.

Adapun tujuan kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove ini dilakukan untuk mencegah adanya intrusi air laut di tengah gencarnya proyek reklamasi yang dapat mengancam dan merugikan masyarakat yang berada di pesisir khususnya di kelurahan untia.

“Memberikan Perlindungan ekosistem mangrove merupakan Langkah penting dalam memitigasi perubahan iklim. Seperti kita ketahui pohon mangrove memiliki beberapa fungsi ekologis salah satunya mencegah abrasi pantai,” kata Rafiuddin Anwar Selaku kordinator pelaksana.

Dengan diadakannya kegiatan ini selain menjaga ekosistem alam, juga senantiasa menjaga jalinan silaturahmi antar sesama alumni. Sehingga penanaman mangrove dapat menjadi cerminan buat Ikapem selain menjaga alam juga menjaga persaudaraan antar alumni.

Lebih lanjut, Djamrud Damayanti dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan untia menyambut positif kegiatan yang dilaksakan oleh Ikapem.

Menurutnya, menjaga ekosistem mangrove dapat memberikan dampak besar dalam meningkatkan ketahanan masyarakat di pesisir terhadap perubahan iklim dan dapat mengurangi energi gelombang air laut.

Seperti yang diketahui, pohon mangrove sendiri selain melindungi area pesisir, tanaman ini juga dapat sebagai rantai makanan bagi ikan dan kepiting, serta secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian nelayan sekitar.

Selain itu kegiatan ini melibatkan alumni, santri Darul Arqam Gombara. Selama kegiatan baik alumni, santri dan masyarakat kelurahan untia tidak hanya aktif melakukan penanaman namun juga mendapat banyak ilmu tentang mangrove dan fungsinya serta secara tidak langsung memberikan kesadaran pentingnya menjaga ekosistem di pesisir pantai. (mum)

News Feed