English English Indonesian Indonesian
oleh

FEB Unhas Gelar Pelatihan Perencanaan Keuangan di Pulau Barrang Lompo, Ini Sasarannya

FAJAR, MAKASSAR — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas menggelar pelatihan perencanaan keuangan bagi pelaku usaha di Kelurahan Barrang Lompo.

Peltihan ini dilakukan sebagai bentuk implementasi pengabdian masyarakat bagi dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas pada skim kegiatan pengabdian masyarakat pola kemitraan. Kegiatan yang telah dilaksnakan selama dua hari, Sabtu-Minggu, 8-9 Juli 2023 ini, diikuti 40 orang peserta.

“Terdiri atas perempuan 30 orang dan laki-laki 10 orang. Mereka merupakan pedagang teripang, pedagang antar pulau, punggawa, nelayan, perempuan pedagang, dan gadis-gadis putus sekolah,” ujar Ketua Panitia Pengarah Prof Idrus Taba.

Menurutnya, rata-rata usia peserta antara 18 hingga 60 tahun. Pedidikan tertinggi SLTA dan yang terendah SD. Tempat berdomisili seluruhnya tersebar di empat RT di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar.

Materi pelatihan yang diberikan terdiri atas: Perencanaan usaha secara sederhana, pengelolaan keuangan usaha secara sederhana, mengenal bangun usaha bernama koperasi dan tata cara mendirikan koperasi. Selain itu, juga diberikan materi mengenal program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan tata cara mengajukan  Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Maksud, tujuan, dan sasaran kegiatan ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat,” ujar Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Prof Cepi Pahlevi.

Kepala Kelurahan Barrang Lompo Kurniati Abdullah, mengharapkan agar Unhas dapat membina usaha-usaha UKM dan ekonomi mikro di Pulau Barrang Lompo dan sekaligus membuka acara pelatihan. (*)

News Feed