English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Minat Baca, Bosowa School Terapkan Kurikulum Literasi

FAJAR, MAKASSAR – Bosowa School menerapkan program gerakan literasi untuk meningkatkan minat baca siswa dan guru. Termasuk untuk mengembangkan keterampilan literasi mereka.

Kurikulum ini terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu Program Gerakan Literasi Siswa dan Program Gerakan Literasi Guru. Program Gerakan Literasi Siswa Bosowa School Makassar memiliki dua kegiatan yaitu Kelas Literasi dan Ekskul Literat Club.

Kelas Literasi diadakan setiap Jumat pagi, seluruh siswa di sekolah tersebut mengikuti kelas literasi yang berlangsung di perpustakaan. Di kelas ini, siswa diberikan kesempatan untuk memilih satu buku yang akan mereka baca selama satu bulan.

Setelah membaca buku tersebut, siswa akan membuat resensi dan mempresentasikannya di depan teman-temannya dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Hal ini bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum, kepercayaan diri, dan kemampuan analisis siswa.

Kegiatan kedua dalam Program Gerakan Literasi Siswa adalah ekskul Literat Club, yang dirancang untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang literasi. Di dalam ekskul ini, siswa diberikan kesempatan untuk berlatih musikalisasi, mendeklamasikan puisi, dan diberikan pelatihan terkait penulisan Essay dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Dengan adanya ekskul ini, siswa di Bosowa School dapat mengembangkan bakat mereka dalam literasi dan mempersiapkan diri untuk berkompetisi di luar sekolah.

Selain siswa, para guru di Bosowa School Makassar juga turut terlibat dalam Gerakan Literasi dengan program khusus yang dijalankan setiap Jumat sore. Pada kegiatan ini, para guru membaca satu buku dalam satu minggu dan kemudian mempresentasikannya di depan sesama guru.

News Feed