English English Indonesian Indonesian
oleh

PMB Unifa, Ada Jalur Tanpa Tes Tertulis

FAJAR, MAKASSAR-Perguruan tinggi swasta terakreditasi saat ini sedang memasuki tahap penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk tahun ajaran 2023/2024. Universitas Fajar (Unifa) misalnya, yang menawarkan skema PMB tanpa tes tulis.

Menurut Humas UNIFA, Muhammad Bisyiri, penerimaan PMB di UNIFA dapat dilakukan melalui jalur online maupun offline. Bagi yang memilih jalur online, calon mahasiswa hanya perlu mendaftar secara online melalui website resmi Unifa. Namun, jika menganggap proses online terlalu rumit, calon mahasiswa juga dapat datang langsung ke kampus UNIFA untuk mendaftar secara offline.

Setelah proses pendaftaran selesai, berkas calon mahasiswa akan diverifikasi oleh tim PMB. Selanjutnya, calon mahasiswa akan menjalani wawancara. Jika dinyatakan lulus, calon mahasiswa dapat langsung melakukan registrasi akademik secara online untuk mendapatkan nomor induk mahasiswa (NIM). “Tidak perlu tes tulis (ujian tulis), cukup lampirkan dokumen rapor, nilai UTBK, wawancara, selesai,” beber Bichie sapaan akrabnya.

Selain UNIFA, Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro juga telah membuka PMB sejak Januari lalu. Nitro merupakan salah satu kampus yang fokus pada bidang ekonomi. Untuk mendaftar di Nitro, calon mahasiswa hanya perlu mengakses website resmi PMB Nitro.

Di sana, calon mahasiswa dapat memilih jenis pendaftaran, apakah reguler atau kelas karyawan (untuk mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja). Setelah itu, calon mahasiswa diminta mengisi biodata dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000.

Ketua Promosi PMB Nitro, Verawati, menjelaskan, setelah proses pendaftaran selesai, calon mahasiswa akan menjalani tes secara online. “Setelah dinyatakan lulus, calon mahasiswa dapat melakukan registrasi pembayaran untuk melengkapi proses pendaftaran,” ujarnya. Penerimaan PMB di Nitro akan berlangsung hingga akhir Agustus.

Nitro, yang telah berdiri selama 32 tahun, dikenal sebagai kampus yang mencetak profesional di bidang perbankan dan bisnis. Banyak alumni Nitro yang berhasil diterima di berbagai kantor perbankan, BUMN, serta menjadi entrepreneur. (mia/ham)

News Feed