English English Indonesian Indonesian
oleh

Survei Dapil Sulsel 3 DPR RI, Nasdem Teratas, Gerindra dan Golkar Bersaing Ketat

FAJAR, PALOPO-Hasil survei untuk pemilihan DPR RI daerah pemilihan Sulsel III meliputi Palopo, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang dan Sidrap menyebutkan tiga partai bersaing ketat. Ketiga partai tersebut yaitu, Nasdem, Gerindra, dan Golkar. Partai-partai ini memiliki survei urutan teratas.

“Partai Nasdem memiliki survei teratas dengan 20 persen. Partai Nasdem akan mendudukkan dua calegnya,” ungkap Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir saat merilis survei Lembaga Indeks Politik Indonesia (IPI). Hasil survei terbaru mereka terkait potret elektabilitas partai politik dan tokoh publik atau tokoh politik jelang Pemilu 2024 di Hotel Harapan, Kota Palopo, Minggu, 2 Juli.

Menurutnya, caleg Nasdem yang memiliki elektabilitas teratas masih Rusdi Masse. Ketua DPW Nasdem Sulsel ini sesuai hasil surveinya akan kembali duduk di Senayan. Kemudian, kursi kedua yang akan sangat ketat. Posisi istri Bupati Luwu, Basmin Mattayang, Haryana Hakim bersaing ketat mantan Bupati Pinrang, Andi Aslan Patonangi.

Posisi kedua ditempati Partai Gerindra dengan persentasenya 19 persen. Partai besutan Prabowo Subianto ini akan mendudukkan dua calegnya di Senayan dari Dapil III Sulsel. Petahana Latinro La Tunrung akan tetap duduk di kursi DPR RI. Kursi kedua ditempati Aisyah Tiar Arsyad.

Partai peraih elektabilitas tertinggi ketiga adalah Partai Golkar. Persentasenya mencapai 18 persen. Partai Golkar di Dapil III Sulsel akan mendudukkan satu calegnya. Survei caleg Golkar yang tertinggi di Dapil III Sulsel adalah Muh Fauzi. “Namun, ada nama Furqan Sutrisno MB, putra Muslimin Bando yang memiliki survei yang cukup signifikan di Dapil III Sulsel,”kata Suwadi.

Disebutkan Suwadi, partai lainnya memiliki persentase jauh dibawa tiga partai tersebut. Bahkan posisinya dibawah 10 persen. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki elektabilitas hanya 5 persen. Demokrat hanya 4 persen. Sementara PAN di Dapil III Sulsel bakal kehilangan kursi di DPR RI. Elektabilitasnya hanya posisi 2 persen. Partai lain yang memiliki elektabilitas 2 persen hingga 1 persen adalah PKS, PKB, Hanura, PBB, Partai Gelora, dan partai lainnya.

Selama ini anggota DPR RI dari Dapil III Sulsel dominan berasal dari luar Tana Luwu. Dia berharap pada Pemilu 2024 ini, pemilih di Tana Luwu memberikan suaranya bagi caleg dari Tana Luwu. Supaya permasalahan warga di Tana Luwu dapat menjadi perhatian.

Survei ini dilakukan pada sejumlah desa dan kelurahan pada seluruh kabupaten dan kota wilayah Dapil III Sulsel.

Terkait isu kebutuhan masyarakat di Dapil III Sulsel adalah infrastruktur, pertanian soal subsidi pupuk, UMKM terkendala modal, pendidikan dan kesehatan menjadi keluhan warga. Banyak penangguhan yang memiliki SDM mumpuni. Pendidikan warga banyak dibawa standar.

Pengamat Politik, Dr Ridwan Pawallang berharap caleg Partai Gerindra asal Tana Luwu nantinya membangun industri.pengolahan hasil pertanian secara umum dibangun di daerah ini. “Tak boleh lagi hasil bumi yang dibawa ke Makassar dan diolah lalu dibawa ke Tana Luwu dijual mahal. Perlu anggota dewan terpilih nantinya dari Gerindra ini mendatangkan investor membangun ini,” ujarnya. Kemudian, bangun diklat untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat.

Caleg DPR RI Gerindra, Aisyah Tiar Arsyad.mengatakan sangat optimis untuk memenangkan Pileg di Dapil III Sulsel..”Kalau saya terpilih.ke DPR RI, saya akan pilih komisi X,” kata Aisyah.

Menantu Jimly Asshiddiqie ini, memilih komisi X untuk memperjuangkan masyarakat Tana Luwu dan Dapil III Sulsel ini untuk meningkatkan sumber daya manusia. Maka masalah pendidikan perlu diperjuangkan di DPR RI. Bukan hanya itu, pihaknya akan memperjuangkan infrastruktur, masalah pertanian, pendidikan dan kesehatan. “Kita kawal anggaran masuk ke Tana Luwu,” paparnya. (shd)

News Feed