English English Indonesian Indonesian
oleh

Lebaran Iduladha 1444 H, PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Aman

FAJAR, MAKASSAR – Selama pelaksanaan hari raya Iduladha 1444 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat melakukan berbagai persiapan untuk menjaga keandalan pasokan listrik serta menyiagakan personel PLN.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin menyatakan pihaknya berkomitmen menyediakan pasokan listrik aman dan prima guna memaksimalkan operasional seluruh infrastruktur kelistrikan agar masyarakat dapat dengan nyaman merayakan momen Idul Adha 1444 H.

“Jelang Idul Adha dan libur panjang ini, PLN menyatakan kondisi siaga kelistrikan mulai 27 Juni hingga 2 Juli. Yakni dengan memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan aman. Harapannya, masyarakat bisa beribadah khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat,” ujar Andy. Ia merinci saat ini PLN telah menerjunkan 2.413 personel yang tersebar di seluruh Sulselrabar.

Pihaknya menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik. Untuk lokasi Prioritas pengamanan kelistrikan meliputi tempat ibadah utama dan lokasi Sholat Idul Adha 1444 H sebanyak 133 Masjid Utama tersebar, serta lokasi perayaan (lapangan / tempat keramaian) sebanyak 24 Lokasi tersebar di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

Andy juga memastikan dari Sistem Kelistrikan Sulawesi bagian Selatan, pasokan listrik saat ini dalam kondisi aman untuk melayani kebutuhan masyarakat. Diperkirakan beban puncak selama siaga Idul Adha 1444 H sebesar 1.683 Mega Watt (MW) dengan daya mampu pembangkit sebesar 1.955 MW. “Artinya PLN masih mempunyai cadangan daya sebesar 272 MW. Masih sangat aman untuk memenuhi kebutuhan daya bagi kebutuhan pelanggan,” ujar Andy.

Selain itu, PLN juga menyiapkan ratusan peralatan pendukung siaga seperti, 44 unit gardu bergerak (UGB), 20 unit mobil crane, 96 unit genset dan 154 unit kendaraan roda dua serta 275 kendaraan roda empat pendukung lainnya. Untuk mempermudah akses layanan kelistrikan, ia mengimbau pelanggan menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh melalui Appstore dan Playstore.

“Melalui PLN Mobile pelanggan dapat memanfaatkan berbagai fitur layanan seperti pengaduan, pembelian token atau pembayaran listrik, dan banyak fitur lainnya,” bebernya. (nas)

News Feed