English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa UMI Antusias Ikuti Gerakan Kemanusiaan Donor Darah

FAJAR, MAKASSAR-Memperingati Milad UMI yang ke-69, Majelis Taklim Habib Abu Bakar Bin Hasan Al Atthas bekerja sama dengan UMI, UTD Provinsi Sulsel, dan segenap elemen kampus menggelar aksi donor darah masif, Senin-Selasa,18 dan 19 Juni 2023 di Pelataran Masjid Umar Bin Khattab Universitas Muslim Indonesia (UMI). Kegiatan ini diadakan sebagai upaya mengatasi krisis pasokan darah serta meningkatkan konsistensi dalam berpartisipasi dalam gerakan kemanusiaan donor darah.

Meskipun relawan donor terbuka untuk umum dan berbagai kalangan, kegiatan ini bertujuan bukan hanya untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kantong darah, tetapi lebih fokus pada gerakan kemanusiaan itu sendiri. Mahasiswa UMI berupaya memecahkan rekor donor darah, sementara relawan donor dari berbagai kalangan turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Apalagi, kebiasaan mendonorkan darah memiliki segudang manfaat. Selain memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan transfusi darah, mendonor darah juga berdampak positif pada kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, memberikan manfaat kesehatan psikologis, serta membantu mendeteksi dini penyakit-penyakit berbahaya.

Proses skrining yang dilakukan saat mendonor darah memungkinkan adanya deteksi dini terhadap penyakit-penyakit tersebut. Regenerasi sel darah yang terjadi akibat donor darah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, mengingat sistem peredaran darah merupakan pusat sumber berbagai penyakit seperti stroke, hipertensi, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan darah.

Perwakilan dari Majelis Taklim Habib Abu Bakar Bin Hasan Al Atthas Azzabidi, Zam Iman Alam melihat antusiasme para pendonor. Yang lebih penting, ia melihat banyak pendonor baru atau pendonor muda, bahkan sebagian besar dari mereka adalah orang-orang yang pertama kali mendonorkan darah. “Semoga ini dapat menjadi motivasi berkelanjutan bagi mereka, karena donor darah tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang menerima, tetapi juga bagi kita semua yang mendonorkan darah,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa pendonor, AM Fauzi Hamid berharap darah yang didonorkan dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkannya. Selain itu, kegiatan ini diharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam gerakan donor darah yang sangat penting bagi kesehatan dan keselamatan sesama. (*)

Penulis: FIQIYATUL FAIDA
TEKNIK PERTAMBANGAN FTI-UMI
Saat ini menjalani KKN Profesi di FAJAR

News Feed