English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Iwan Beri Saran Pencegahan Dampak El Nino

FAJAR, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menyarankan langkah-langkah tindakan pencegahan dari dampak fenomena El Nino.

Seperti diketahui, dampak fenomena El Nino bisa merugikan para petani. Terutama pada sektor produksi pertanian dan kesejahteraan petani. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah dan para petani untuk mengambil langkah-langkah tindakan pencegahan yang tepat.

Andi Iwan meminta agar dilakukan pemantauan cuaca dengan memahami perubahan pola cuaca yang terkait dengan El Nino. Petani dapat mengatur jadwal penanaman, irigasi, dan pemeliharaan tanaman secara lebih efektif.

“Ini sekaligus menjadi tugas BMKG, agar selalu memberikan edukasi perubahan cuaca terkait El Nino kepada petani,” kata Andi Iwan, Minggu, 18 Juni 2023.

Bendahara Umum DPN HKTI ini menambahkan, petani bisa memastikan irigasi berjalan dengan baik. Sebagai pemasok kebutuhan air pada tanaman, irigasi harus dapat dipastikan berfungsi dengan baik sehingga bisa menjamin ketersediaan air disaat musim kemarau atau El Nino. Serta dapat mengurangi kerusakan pada tanah.

“Manajemen penyakit dan hama. Petani perlu memperhatikan peningkatan risiko serangan penyakit dan hama selama periode El Nino. Langkah-langkah pengendalian yang tepat, seperti penggunaan pestisida yang efektif dapat membantu mengurangi kerugian yang disebabkan oleh serangan hama,” tambah Ketua Umum Kadin Sulsel ini.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini menyebut, perlu penggunaan teknologi dan informasi dengan pemanfaatan teknologi pertanian dan informasi cuaca dapat membantu petani dalam mengatasi dampak El Nino. Penggunaan aplikasi cuaca untuk memantau perubahan cuaca, atau memanfaatkan sistem peringatan dini dapat membantu petani mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi El Nino.

News Feed