English English Indonesian Indonesian
oleh

Perkuat Kedudukan Bahasa Indonesia di Dunia, Ini yang Dilakukan Balai Bahasa Sulsel

FAJAR, MAKASSAR – Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) sangat penting dilakukan kepada pelajar. UKBI ini terkait dengan program Merdeka Belajar.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Bahasa dan Sastra Daerah, Dinas Pendidikan Sulsel Andi Mashari, mengemukakan UKBI efektif untuk mengetahui kemampuan berbahasa Indonesia seseorang sesuai karakter dan kompetisi dirinya.

“Makanya UKBI sangat penting bagi pelajar dalam kaitannya dengan Merdeka Belajar,” ujar Mashari, saat diseminasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang digelar Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Ibis Styles Makassar, Jumat, 9 Juni 2023.

Menurut Andi Mashari, Dinas Pendidikan Sulsel siap mendukung pelaksanaan UKBI khususnya bagi pelajar lingkup Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, Mashari juga mengajak 32 pemangku kepentingan yang turut hadir ikut mendukung pelaksanaan UKBI agar pemanfaatannya lebih masif lagi.

Pemangku kepentingan yang hadir adalah kepala cabang dinas pendidikan, dekan, wakil dekan, ketua program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, kepala sekolah, dan duta bahasa.

Kebijakan UKBI di Indonesia yang dipaparkan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah, M.Hum. Praktik Baik dan Pemanfaatan UKBI di Perguruan Tinggi (UNM) oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Anshari, M.Hum.

Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka, dan Layanan Pengujian UKBI oleh Koordinator KKLP UKBI Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Nurlina Arisnawati. Panduan dan Pengujian UKBI oleh Amriani.

News Feed