English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertunjukan “To’dopuli di Negeri Siam”, Representasi Simbolik Perjuangan Daeng Mangalle

Nah, sekarang kita beralih ke pertunjukan teater tari musik “To’dopuli di Negeri Siam”. Naskah pertunjukan ini ditulis dan disutradarai oleh maestro teater Dr. Asia Ramli, M.Pd (Dosen Programs Studi Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar).

Teater ini diproduksi oleh Teater Kita Makassar kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar dan Prodi Sendrastasik dan dipentaskan dalam “Festival Seni Pertunjukan 2023” yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 pukul 19.30 di Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar.

Pertunjukan ini didukung oleh Andi Taslim Saputera, S.Pd S.Sn (Co Director), Dr. Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd (Composer), Dr. Joharlinda, S.Pd., M.A dan A. Asrul, Rifai, Andi (Penata Gerak), Rahma, S.Pd., S.Sn., dan Ardiyansyah Anwar (Penata Kostum/Rias), Ahmad dan Muh. Yusuf B (Asisten Composer), Andi Hendra, S.Pd dan Aco Sulsafri (Pimpinan Produksi), Andi Nasrullah Jaka (Penata Artistik), Rezky, Adel, Aldy (Video Art dan Dokumentasi), Jamal April Kalam (Stage Manajer), Iswandi Cua dan Sukma (Penata Lighting), Arham, Arga, Indra Kirana, Egis (Kru Panggung), Irwan Brutus (Publikasi).

Sekitar 100 orang pendukung pertunjukan ini antara lain tim produksi, tim artistik, lighting, sound, video art, dokumentasi, kru panggung dan pemain. Para aktor dengan properti badik, parang dan dayung berjumlah 12 orang. Penari pasukan tombak 8 orang, penari pasukan balira 12 orang. Penari pakarena 34 orang. Tokoh Bissu 2 orang. Pemusik 12 orang sudah termasuk 1 vokalis pria dan 3 vokalis perempuan.

News Feed