English English Indonesian Indonesian
oleh

Demi Maju Bacaleg, Empat Kades di Maros Pilih Mundur

FAJAR, MAROS-Sejumlah kepala desa (kades) turut berpartisipasi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Ada tiga kades yang mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Maros di Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPD PAN Maros, AS Chaidir Syam, mengatakan bahwa tiga kades tersebut mendaftar. Mereka adalah Kepala Desa Marumpa dari Kecamatan Marusu, Kepala Desa Moncongloe dari Kecamatan Moncongloe, dan Kepala Desa Mattampapole dari Kecamatan Mallawa. Semua surat pengunduran diri mereka telah diajukan, meskipun mereka masih berstatus sebagai Daftar Calon Sementara (DCS).

Chaidir mengakui bahwa ketiga Kades tersebut maju sebagai Bacaleg karena mereka berkomitmen untuk memperjuangkan pembangunan, terutama di desa sebagai garda terdepan pembangunan dari desa untuk DPRD Kabupaten Maros. “Sudah dimasukkan dipengunduran dirinya,” katanya.

Selain di DPD PAN, ada juga satu Kepala Desa yang maju sebagai calon legislatif melalui Partai Golkar Maros. Kepala Desa Pattontongan menjadi Bacaleg dari Partai Golkar Maros. “Ada satu kepala desa yang jadi bacaleg kami,” ungkap Ketua DPD II Golkar Maros, Suhartina Bohari.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Maros, Idrus, mengakui bahwa ada empat Kades yang mendaftar sebagai Bacaleg dalam Pileg 2024. Mereka adalah Kades Marumpa, Mattampapole, Moncongloe, dan Pattontongan. Keempat Kades ini telah mengajukan surat permohonan pengunduran diri ke PMD. PMD telah mengeluarkan tanda terima sebagai syarat dalam dokumen pendaftaran Bacaleg.

News Feed