English English Indonesian Indonesian
oleh

Kembangkan Teknologi Pertanian Modern, Unhas Gandeng RIKEN Jepang

FAJAR, JEPANG-Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dan tim ke Jepang. Sebagai salah satu universitas terbesar di Indonesia, Unhas berkomitmen penuh untuk menjadi institusi Pendidikan tinggi terdepan dalam mendukung progam utama pemerintah yaitu peningkatan ketahanan pangan.

Untuk itu, Unhas diundang oleh RIKEN, sebuah Lembaga riset nasional terkemuka di Jepang dalam bidang pertanian untuk melanjutkan MoU yang sudah ada sejak tahun 2014. Penandatanganan perpanjangan MoU dihadiri langsung oleh Prof JJ sebagai rektor Unhas diwakili oleh Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Inovasi Prof Adi Maulana di damping oleh Sekretaris Rektor Sawedi Muhammad, 12 Mei 2023 di kantor RIKEN Tokyo. Beberapa peneliti dari Unhas telah menjalin kerja sama aktif dan intensif dengan RIKEN.

Direktur RIKEN, Hiroyoshi Sakurai sangat berterima kasih atas kesediaan waktu Rektor Unhas disela-sela jadwal yang padat selama lawatan di Jepang untuk bertemu dan memerpanjang MoU ini. Dengan MoU ini maka penelitian yang selama ini terus berjalan antara RIKEN dan Unhas diharapkan akan semakin meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Adapun bidang yang akan dikembangkan dalam kerja sama ini yaitu pemanfaatan heavy-ion beam multigenesis and polyploidization menggunakan makanan Indonesia dan hasil panen holtikultura.

Penelitian dalam bidang ini sudah banyak menghasilkan publikasi dan juga menghasilkan beberapa paten. Unhas mempunyai potensi SDM dan infrastruktur yang sangat kuat dalam bidang pertanian. Diharapkan dengan kerja sama itu, Unhas dapat terus memberikan kontribusi terhadap perkembangan dunia pertanian di Indonesia dengan cara menghasilkan produk-produk hasil inovasi. (*)

News Feed