English English Indonesian Indonesian
oleh

Peringatan Hari Kopi Nasional, Mentan Launching Kopi Komandan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mendukung pencapaian peningkatan ekspor tiga kali lipat atau Gratieks hingga tahun 2024. Selain itu pihaknya juga mendorong penyerapan produk kopi di dalam negeri dan luar negeri, sekaligus menjalin kemitraan yang berkelanjutan antara petani dan pelaku usaha perkebunan.

Tahun 2022, nilai ekspor komoditas kopi mencapai Rp16,4 triliun atau meningkat 23 persen dibandingkan nilai ekspor tahun 2021. Tentunya Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan terus berupaya mendorong dan mempromosikan kopi dari petani agar melejit ke akses pasar yang semakin luas. Kali ini dari 41 produk kopi Indonesia yang sudah memiliki IG dimana Provinsi Sulawesi Selatan memiliki 3 kopi yang telah memiliki Indikasi Geografis (IG) seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Kalosi Enrekang dan Kopi Arabika Bantaeng.

“Kedepannya, diharapkan kopi-kopi asal Indonesia dapat mengambil bagian di pasar domestik maupun semakin menggeliat tembus kancah internasional,” ujar pria yang akrab disapa SYL. (edo)

News Feed