English English Indonesian Indonesian
oleh

Peringatan Hari Kopi Nasional, Mentan Launching Kopi Komandan

FAJAR, MAKASSAR— Kebutuhan kopi kian meningkat. Peluang yang harus dimanfaatkan oleh petani kopi untuk meningkatkan prekonomian.

Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah, mengatakan pelbagai cara telah dilakukan Kementan untuk meningkatkan produksi dan pemasaran kopi nasional.

Salah satunya dengan menyelanggarakan Social Creative Coffee Expo yang bertepatan dengan peringatan Hari Kopi Nasional yang jatuh setiap tanggal 11 Maret.

Kegiatan yang digelar di MalTrans Studio hadirkan para petani dan pelaku usaha perkebunan yang berasal dari kabupaten-kabupaten sentra kopi di Sulsel dan pelaku usaha dari Sulteng.

Selain itu juga digelar pameran yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini, rangkaian kegiatan turut dimeriahkan dengan kegiatan Barista Teams Challenges yang babak penyisihannya telah dilaksanakan sejak tanggal 10 Maret 2023.

“Tak hanya itu, pada moment ini juga dilakukan launching Brand Kopi Komandan. Penyerahan secara simbolis bantuan benih kopi kepada para petani, penandatanganan MoU antara Ditjen Perkebunan dengan Accor Group dan Kalla Group dalam pemasaran dan promosi produk perkebunan,” kata Andi Nur Alam Syah, Minggu, 12 Maret 2023.

Dia menjelaskan Kopi komandan ini menjadi merk yang digunakan dalam mempromosikan kopi-kopi terbaik daerah di seluruh Indonesia. Kopi komandan didesain menjadi sarana promosi produk kopi dengan berbagai varian special yang memiliki kekhasan daerah.

“Langkah awal pengembangan kopi komandan akan diawali di Provinsi Sulawesi Selatan dengan menghadirkan kopi komandan di cafe dan toko. Acara ini dikemas semenarik mungkin dan sukses mendapat respon positif dari para pengunjung,” akunya.

News Feed