English English Indonesian Indonesian
oleh

28 Besar Calon Anggota Bawaslu Sulsel, Adukan Rekam Jejak Kandidat

FAJAR, MAKASSAR-Persaingan calon anggota Bawalsu Sulsel makin ketat. Peserta yang lolos 28 besar mayoritas dari penyelenggara pemilu.

Saat ini, tersisa 28 orang calon anggota Bawaslu Sulsel yang akan bersaing memperebutkan peringkat 1-14 besar. Kemarin, Timsel calon anggota Bawalsu Sulsel telah mengumumkan 28 orang yang lulus tes tertulis dan psikotes yang mana sebelumnya ada 121 calon yang bersaing di tes tertulis dan psikotes tersebut.

Ketua Tim seleksi (Timsel) Bawalsu Sulsel, Suparno mengatakan 28 orang berdasarkan urutan nilai tertinggi yang diakumulasi dari tes tertulis dan psikotes. Selanjutnya mereka akan bersaing di 14 besar.

“Tanggal 8 tes kesehatan dan tanggal 9-10 tes wawancara,” beber Anno sapaan Suparno.

Hasil tes kesehatan dan wawancara ini juga diakumulasi. “Tes kesehatan dikirim ke Bawalsu RI Jakarta dan setelah itu hasil wawancara dikirim juga ke Bawalsu RI. Nanti dirangkum lagi hingga keluar 14 besar,” ungkapnya.

Setelah keluar hasilnya, timsel akan mengirimkan 14 nama ini ke Bawalsu RI untuk menetapkan 7 orang sebagai Komisoner Bawaslu Sulsel periode 2023-2028. Kemudian 7 lainnya sebagai cadangan.

Jika melihat latar belakang 28 calon ini, persaingan akan sangat ketat karena mayoritas dari penyelanggara pemilu. Khususnya dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Bahkan, ada empat petahana dari 5 anggota Bawaslu Sulsel yang mendaftar itu lolos. Yaitu Saiful Jihad, Adnan Jamal, Amrayadi, dan Asradi.

Semnetara satu orang, Hasmaniah Bachrum tidak lolos. Beberapa lainnya, banyak dari anggota Bawalsu kabupaten dan kota.

Salah satu yang lolos adalah mantan anggota KPU Sulsel, Mardiana Rusli. Aktivis perempuan ini juga pernah lolos 20 besar di seleksi Bawaslu RI.

Sekretaris Timsel Bawaslu, Andi Syahwiah A Sapiddin menambahkan bahwa ada beberapa yang perlu dipersiapkan pada tes wawancara. Antara lain presentasi makalah oleh Calon anggota Bawaslu.

Selanjutnya, masyarakat dapat memberikan tanggapan Pada Tanggal 6 — 10 Maret 2023 secara tertulis terhadap Calon Anggota Bawaslu yang ditujukan kepada Timsel. Dimana identitas pelapor akan dirahasiakan.

Tanggapan dan masukan masyarakat dapat dikirimkan melalui surat, email timseleksisulsel@gmail com, whatsapp (0822 9371 3822) atau datang langsung ke sekretariat tim seleksi disertai fotocopy KTP atau dokumen identitas lainnya dan bukti terkait.

Masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap calon anggota Panwaslih dan calon anggota Bawaslu Provinsi yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti tes kesehatan dan tes wawancara terkait keterpenuhan syarat, integritas, dan kecakapan.

Formulir Tanggapan dan masukan masyarakat dapat diunduh melalui link https://ppidsulsel. bawaslu.go.id/rekrutmen/. (mum/*)

28 Calon Anggota Bawaslu Sulsel Lolos CAT dan Psikotes:

  1. A Yanuar Jaya Kaso
  2. Abd Hafid (Bawaslu Makassar)
  3. Abdul Malik
  4. Abdul Rahman
  5. Adnan Jamal (Bawaslu Sulsel)
  6. Amrayadi (Bawaslu Sulsel)
  7. Alamsyah
  8. A Muh Ilham
  9. Andarias Duma
  10. Asbudi Dwi Saputra
  11. Aswiwin
  12. Asradi (Bawaslu Sulsel)
  13. Dede Arwinsyah (Bawaslu Makassar)
  14. Herman
  15. Kaharuddin
  16. Mardiana Rusli (eks KPU Sulsel)
  17. Masmulyadi
  18. Muhajirin
  19. Muhardin
  20. Mumammad Saleh (Bawaslu Bantaeng)
  21. Nellyati
  22. Nur Islah
  23. Safriani Sudirman
  24. Saiful (Bawaslu Jeneponto)
  25. Saiful Jihad (Bawaslu Sulsel)
  26. Sampara Halik (Bawalsu Jeneponto)
  27. Samsuar Saleh
  28. Yusnaeni.

News Feed