English English Indonesian Indonesian
oleh

Poltekbang Makassar Pamer Terknologi Terbaru

FAJAR, MAKASSAR-Sebanyak 70 Perguruan Tinggi (PT) ikut memeriahkan pameran pendidikan yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultanbatara di Makassar, Sandeq Ballroom Claro Hotel, 14-16 Februari 2023.

Pameran pendidikan bertajuk, “Pameran Pendidikan & Inovasi Perguruan Tinggi: Sulawesi Education & Techno, merupakan ajang perkenalan kampus bagi seluruh masyarakat khususnya siswa siswi SMA yang akan melanjutkan pendidIkan ke PT.

Salah satu Perguruan Tinggi yang ikut yakni Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar. PT Kedinasan Kementerian Perhubungan dibawah pembinaan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara.

Uniknya di standnya, memperlihatkan beberapa inovasi atau karya inovasi Taruna/ Taruni terkait terknologi terbaru bidang teknik dan keselamatan penerbangan seperti Automatic Digital Guardiens System (ADGS).

Bahkan menarik perhatian yang datang ke Pameran, sebab memperlihatkan bahwa telah ikut dalam kampus merdeka dan merdeka belajar. Poltekbang Makassar telah berkolaborasi dengan industri penerbangan dalam rangka kegiatan on the job training seperti GMF, Airnav, FL Technics, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II.

Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Dr Andi Lukman mengatakan ajang ini mewajibkan kampus dengan serius memperkenalkan kelebihannya.

Lalu memperlihatkan inovasi dan capaian-capaian yang telah diraih, dari para dosen maupun mahasiswa. “Kampus-kampus ini akan diminta bisa semenarik mungkin bisa menjaring para pengunjung yang merupakan calon mahasiswa,” ucapnya.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Tri Agung Widayat SE. MM mengatakan di Poltekbang Makassar, terdiri dari empat program studi (prodi) yakni, prodi teknologi Bandar Udara, Teknologi navigasi udara, Teknologi pemeliharaan pesawat udara serta management lalu lintas udara.

“Inilah yang coba kami perkenalkan keunggulannnya masing-masing di gelaran Pameran Pendidikan & Inovasi Perguruan Tinggi: Sulawesi Education & Techno Sulawesi 2023,” ucapnya.

Selain itu kata Tri Agung, mereka yang berkunjung di stand juga diperkenalkan bahwa ada beberapa kegiatan akademik untuk menunjang ketrampilan yang biasa dilakukan para taruna atau taruni.

“Jadi kami melaksanakan kolaborasi dengan Industri dengan kegiatan praktek, sehingga Link and Match dengan kompetensi yang di butuhkan industri dapat terwujud,” ucapnya.

Selain itu juga terus dengan Program Smart Lecture untuk sharing ilmu dan pengalaman dengan para Praktisi dalam dan Luar Negeri. Sebut saja, seperti Perusahaan Pesawat Boing dan Airbus. Lalu ada Ikatan Ahli Sarjana Indonesia (IASI) yang berkedudukan di Jerman.

Sub Koordinator Bidang Akademik Poltekbang, Kurniaty Atmia mengatakan
ada juga kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di berbagai wilayah Indonesia.

Diadakan kolabirasi dalam pembuatan Tugas Akhir/ Karya Ilmiah, penelitian dan Pengembangan Inovasi di masing-masing prodi. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan melaksanakan english club di lingkungan kampus.

Ini berkolaborasi dengan dejavato yang mendatangkan partisipant asing, atau beberapa dari negara Amerika dan Eropa untuk tinggal bersama para taruna di kampus. Sehingga terjalin komunikasi langsung dengan para taruna/i menggunakan bahasa Inggris.

“Kepiawaian para Taruna dan taruni ini lah yang ikut diperlihatkan pada pameran teknologi LLDIKTI 2023. Ini ditampilkan diatas panggung sekaligus ada performn fesyen show menggunakan dua bahasa, Bilingual,” ucapnya. Lalu kegiatan non akademik : English Club, Robotik, Aeromodeling, Gema Gaganantara, Karate , Futsal ,dan Olga Lainnya. (wis/*)

News Feed