English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Keuntungan Jika Ekspor dari Makassar, Pengusaha Bakal Senang

Saat ini lanjut Luhut, Indonesia tengah menggagas sepuluh pelabuhan yang disiapkan melawan dominasi Singapura. “Jadi tidak ada lagi feeder ke Singapura. Kita harus berdiri sendiri,” lanjutnya.

Luhut bercita-cita biaya logistik Indonesia bisa ditekan serendah-rendahnya. “Sekarang di pelabuhan kita itu hampir 26 persen cost-nya. Tetangga kita itu sekarang cuma 13 persen. Jadi target kita
sampai tahun 2024 itu harus turun sampai 17 persen. Tapi saya bilang, saya mau 15 persen,” terangnya.

Sehingga, Luhut meminta pemerintah daerah melakukan peningkatan volume ekspor. Termasuk menggali potensi-potensi komoditas ekspor baru. ”Apa lagi kalau bicara soal Bugis, itu kan fighter semua. Jadi saya titip ini sama pak Gubernur,” tegasnya.

Ditopang UMKM

Hal ini langsung direspons Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Kata Sudirman, pertumbuhan ekonomi Sulsel berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu juga banyak ditopang UMKM,
termasuk kegiatan ekspor.

Sebab, Sudirman mengaku untuk saat ini Sulsel tidak hanya fokus pada perusahaan besar saja untuk melakukan ekspor. Tetapi juga sudah mulai melibatkan pengusaha di sektor UMKM.

“Pertumbuhan ekonomi Sulsel 2021 berada di angka 4,65 persen, di atas rata-rata nasional. Itu tidak lain karena kerja sama kita semua dalam mendukung UMKM dan ekspor,” jelasnya.

Sudirman juga mengatakan, potensi komoditas ekspor di Sulsel terus digali. Yang belum ada terus dicari dan diciptakan, sementara yang sudah ada terus ditingkatkan.

”Yang dikirim bahkan sampai kotoran hewan kelelawar untuk jadi pupuk. Rumput laut juga meningkat sampai 500 persen,” jelasnya. (wid/dir)

News Feed