English English Indonesian Indonesian
oleh

Pas Puncak, Eh… Lampu Dimatikan, Konser Four Twenty Buyar, Botol-botol pun Melayang

MAKASSAR, FAJAR – Suasana di gedung Celebes Convention Center (Triple C) tiba-tiba berubah. Awalnya, festival musik bertajuk “Coart Coret Fest 2022” di gedung itu penuh kegembiraan, Sabtu malam (5/2/2022). Namun, jingkrak-jingkrak kegirangan, berubah menjadi kecemasan. Gelap pun mengurung suasana. Ternyata, lampu sengaja dimatikan.

Pertunjukan di Celebes Convention Center (Triple C) itu pun dibubarkan. Pembubaran dilakukan petugas gabungan sebelum konser berlanjut. Sejumlah musisi serta band ternama yang didatangkan, yakni Nadin Amizah, Hindia, dan Four Twenty, terpaksa harus berhenti menghibur ribuan penggemarnya yang sejak sore hari telah padat di dalam gedung.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Makassar, Iqbal Asnan mengatakan, konser tersebut dibubarkan karena menyalahi izin yang diberikan.

Pihak pemkot memberikan izin kepada panitia dengan batasan pengunjung tidak boleh lebih dari 1.000 orang. Kenyataannya, pengunjung yang hadir mencapai sekitar 3.000 orang.

“Kami turun ke sini untuk mengurai kerumunan berdasarkan laporan warga bahwa terjadi kerumuman yang luar biasa banyaknya di sebuah konser musik,” ujarnya ditemui FAJAR di lokasi acara.

Menurut dia, sebenarnya aturan PPKM Level 2 yang berlaku saat ini di Makassar, sudah membolehkan konser atau hajatan lainnya digelar. Tetapi dengan aturan protokol kesehatan yang ketat.

“Sebenarnya Ini kegiatan biasa, dibolehkan. Cuman mungkin karena artisnya juga cukup terkenal, kemudian panitia tidak bisa menghandlenya, jadi mereka tidak bisa mengantisipasi lonjakan penonton,” terangnya.

News Feed