English English Indonesian Indonesian
oleh

Generasi Y-Z Mestinya Bikin Konten Pertanian

MAKASSAR, FAJAR — Perkembangan sektor pertanian semakin mengkhawatirkan. Padahal potensi yang dimiliki pertanian Indonesia sangat besar sebagai negara agraris.

Namun, generasi Y-Z belum banyak melirik sektor ini sebagai profesi yang menjanjikan. Mereka diharapkan membuat konten-konten pertanian dalam kegiatan medsos, terutama para youtuber. Pertanian pun harus memasuki dunia digital tersebut.

Rektor Terpilih Universitas Hasanuddin, Prof. Jamaluddin Jompa mengatakan, peluang Indonesia dalam sektor pertanian. Indonesia sebagai pusat diversitas planet bumi memiliki potensi yang luas untuk dikembangkan dari berbagai sektor pertanian secara umumnya.

“Biodiversity, anugrah yang harus dikembangkan, ekonomi kita harus tumbuh dengan era pertanian,” ujarnya melalui zoom virtual dalam KAHMI TALK vol 1, Sabtu, 5 Januari.

Menurut Rektor, ekonomi Indonesia belum berbasis inovasi. Perlu mengoptimalisasi pertanian modern berbasis inovasi yang menggunakan teknologi. Ini akan berpeluang dalam pengembangan sektor pertanian nantinya.

“Dorong ekspor pertanian kita bangkit, manfaat peluang bisnis di bidang agropreneurs,” paparnya. (dar)
Selengkapnya, baca koran FAJAR edisi Minggu, 6 Februari 2022.

News Feed